SEPETAK Selenggarakan Sekolah Kepeloporan Pemuda Reforma Agraria

Bogor – Kaderisasi dan pendidikan pemuda adalah salah satu faktor penting dalam keberlanjutan gerakan reforma agraria di tanah air. Tidak dipungkiri lagi, eksistensi pemuda dalam perjuangan reforma agraria adalah hal yang mutlak. Tanpa keberadaan dan peran pemuda, mustahil gerakan reforma agraria akan terus berlanjut secara konsisten.

Menyadari pentingnya proses kaderisasi di level kepemudaan dalam rangka melanjutkan tongkat estafet gerakan reforma agraria, KPA terus berkomitmen untuk menginiasi dan mendukung pelatihan dan pendidikan gerakan RA di tana air, khususnya di wilayah yang terdapat anggota-anggota KPA.

Terbaru, KPA ikut mendukung sekolah kepeloporan dengan tema “ Pemuda Desa Sebagai Pelopor Gerakan Rakyat di Pedesaan” yang diselenggarakan oleh Gerakan Remaja Motor (Garemor) yang bekerjasama dengan Serikat Petani Karawang (SEPETAK). Sekolah ini berlangsung selama Sembilan hari mulai dari Sabtu (26/11) hingga Minggu (4/12) di Kampung Tegalmalaka, Desa Babakanraden, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sekolah kepeloporan ini diselenggarakan untuk terus meningkatkan peran dan komitmen pemuda dalam gerakan reforma agraria di tanah air. Terutama agar pemuda mampu menerapkan nilai-nilai kepeloporan dalam kehidupan pedesaan demi terwujudnya desa yang berdaulat atas ruang, pendidikan dan ekonomi. Selain itu, sekolah ini juga ditujukan sebagai upaya komprehensif pemuda dalam menanggulangi konflik agraria dan sosial di masyarakat melalui pendidikan kepeloporan.

Dalam kesempatannya, KPA yang diwakili oleh kepala Departemen Penguatan Organisasi Rakyat (POR), Untung Saputra memberikan pendidikan dengan tema “Konflik Sosial dan Agraria di Pedesaan dan Dampaknya”.

Untung mengatakan, “penting bagi pemuda, terutama yang berada di pedesaan mempunyai wawasan dan pengetahuan reforma agraria, agar pemuda mampu menjadi garda terdepan dalam mempertahankan lahan dan desa mereka dari penggusuran yang dilakukan oleh Negara maupun perusahaan-perusahan besar”.

Garemor sendiri merupakan salah satu organisasi basis kepemudaan SEPETAK yang anggotanya berada di tiga wilayah kabupaten di Jawa Barat, yakni Karawang, Bekasi dan Bogor. Garemor didirikan pada tanggal 19 November 1999 di Kp. Tegalmalaka, namun dalam perjalanannya organisasi tidak mampu bertahan.

Awal tahun 2016, sekelompok pemuda di desa Babakanraden bersama beberapa orang pendahulu Garemor melakukan konsolidasi terhadap pemuda di tiga wilayah, terutama di perbatasan Karawang, Bekasi dan Bogor untuk membenahi organisasi yang selama ini mandek, salah satunya dengan menyelenggarakan sekolah kepeloporan tersebut. Kata motor dalam nama organisasi itu sendiri merupakan sebuah simbol penggerak yang terdapat dalam kepribadian pemuda.

“Pendidikan bagi kepemudaan menjadi perhatian serius bagi SEPETAK terutama yang berada di basis-basis kami. Harapannya, dengan terus berjalannya proses pendidikan dan kaderisasi ini akan berdampak kepada meluasnya gerakan reforma agraria di Jawa Barat, khususnya di tiga wilayah ini.” Ujar Odang Rodiana, kepala Departemen Pendidikan SEPETAK.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934