KPA Selenggarakan Konsolidasi dan Musyawarah Wilayah Jateng dan DIY

Menyikapi perkembangan situasi Agraria di tanah air, baik itu tingkat nasional maupun di daerah. KPA memandang perlu untuk terus melakukan penguatan dan restrukturasi organisasi di tingkat daerah yang menjadi motor dalam menuju gerakan reforma sejati (Land Reform by Leverage) di negeri ini.

Reforma Agraria adalah sebuah agenda besar yang harus didukung oleh kerja-kerja matang dan terencana baik itu di tingkat nasional maupun daerah. Mengingat hal tersebut, KPA melakukan konsolidasi organisasi-organisasi di wilayah DIY dan Jawa Tengah yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 April ini di Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Nasional KPA yang diwakili oleh Wakil Sekretaris Jendral Dewi Kartika dan elemen-elemen organisasi rakyat yang merupakan organisasi basis KPA di Wilayah DIY dan Jateng. Selain itu, acara yang bertujuan untuk melakukan restrukturasi organisasi dan perumusan langka kerja bersama ini juga dihadiri oleh Dewan Nasional KPA Lukito dan beberapa elemen NGO yang merupakan aliansi KPA di wilayah DIY dan Jateng.

Dalam kesempatannya,  Dewi Kartika mengatakan “perlu restrukturasi pengurus agar KPA Jateng dan DIY lebih aktif. Wilayah ini mempunyai banyak program kerja yang belum terselesaikan. Mengingat Munas KPA akan berlangsung pada September mendatang.”

“Masih banyak kasus di mana pemerintah merampas tanah rakyat untuk kepentingan investor asing. Melihat kenyataan yang seperti ini harusnya KPA mampu berperan besar di tengah masyarakat” Imbuh Dewi.

Pada sambutannya, Lukito juga mendorong KPA Jateng dan DIY untuk terus mengadvokasi kasus-kasus agraria di wilayah Jateng dan DIY. Apalagi ditambah dengan banyaknya pabrik-pabrik semen yang mulai berdiri. Kondisi ini diprediksi akan kembali melahirkan konflik-konflik baru tata kelolah agraria di wilayah tersebut.

KPA berharap konsolidasi ini nantinya akan menghasilkan beberapa resolusi yang mampu menghadirkan kepengurusan wilayah Jateng – DIY yang efektif dan mampu menjalankan kerja-kerja organisasi yang lebih bagus ke depan.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934