Catatan Akhir Tahun KPA 2015: Reforma Agraria dan Penyelesaian Konflik Agraria

KPA/Jakarta, 5/1/2015; Bertempat di Warung Daun – Cikini, Jakarta Pusat. Konsorsium Pembaruan Agraria meliris Catatan Agraria Akhir Tahun 2015, hadir dalam Konferensi Pers Diah Pitaloka dari Komisi II DPR RI, Dianto Bahriadi Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria Iwan Nurdin dengan moderator Dewi Kartika Wakil Sekjend KPA.

Acara dibuka oleh Iwan Nurdin yang menyampaikan laporan akhir tahun KPA terkait di sektor agraria, dalam laporannya Iwan Nurdin menyoroti tidak konsistennya Pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla dalam menyelesaikan permasalahan agraria di tanah air ini terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah konflik agraria di daerah dari tahun ke tahun, hampir sama dengan Pemerintahan sebelumnya sedangkan untuk penyelesaiannya nihil, tidak ada gebrakan maupun terobosan.

Maksud dengan dibentuknya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN ialah agar kewenangan dalam mengatur sumber daya alam khususnya agraria, untuk kemaslahatan masyarakat khususnya Petani agar lebih menjadi tuan di negerinya ini tidak terlaksana, ini dibuktikan dengan semakin sedikit lahan atau tanah yang dikuasai atau digarap oleh Petani dan sebaliknya untuk kepentingan korporasi/perusahaan perkebunan semakin meningkat dan Petani menjadi buruh gurem yang tidak memiliki lahan, sungguh ironis, demikian pemaparan Dianto Bahriadi.

Diah Pitaloka, anggota Komisi II DPR RI mengakui memang saat ini DPR memandang pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla tersandera dengan dilema antara kepentingan korporasi dengan amanah rakyat dalam UUPA 1960 tentang agraria, sebagai contoh RUU Pertanahan yang masih dalam rancangan belum ada pengesahan dari DPR maupun Pemerintah untuk duduk bersama, ini indikasi masih kentalnya kepentingan korporasi dan masih tumpang tindih perundangan disektor sumber daya alam yang menimbulkan gesekan dibawah sehingga konflik agraria semakin jauh dari penyelesaian. (AS)

Tag :  Kampanye

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934