RDPU Komisi II DPR dengan KPA tentang RUU Pertanahan

Pada hari senin, tanggal 31 agustus 2015, KPA diundang menghadiri rapat dengar pendapat umum (RDPU) oleh komisi II DPR guna membahas terkait RUU pertanahan yang menjadi salah satu prolegnas tahun ini. Bersama aliansi masyarakat adat nusantara (AMAN), KPA memberikan masukan-masukan terkait RUU tersebut dari perspektif organisasi masy sipil.

Berbagai persoalan dikemukakan, terutama berkenaan dengan orientasi dan arah dari RUU pertanahan. KPA sndiri menilai bahwa RUU pertanahan harus diposisikan sebagai turunan dari UUPA dan memiliki kesamaan perspektif dan orientasi dari UUPA. Tak hanya itu, penekanan terhadap pentingnya isu ketimpangan atas pemilikan dan penguasaan tanah yang terus terjadi hingga saat ini juga menjadi salah satu titik tekan dari KPA bagi RUU pertanahan.

Mulai dari proses pendaftaran tanah, pengawasan hingga penyelesaian konflik yang akan diatur dalam RUU pertanahan harus diorientasikan pada perombakan struktur pemilikan dan penguasaan tanah yang timpang. Selain itu, RUU pertanahan harus didorong tak sekedar menjadi perundangan teknis yang cenderung mengatur scr administratif dari pertanahan di indonesia. Mengingat peliknya persoalan pertanahan, maka RUU pertanahan harus menjadi salah satu pondasi yg kokoh untuk mendorong penyelesaian masalah demi masalah yg ada.

KPA lebih jauh mendesak komisi II DPR RI untuk terus mendalami ragam soal agraria di indonesia sebelum mengesahkan menjadi UU, agar terdapat pemahaman yg holistik. Senada, anggota komisi II DPR RI pun menyetujui utk terus memperdalam pemahaman, bahkan hingga turun langsung ke lokasi-lokasi konflik sebelum mengesahkan RUU tersebut.

Terakhir, dalam konteks reforma agraria, KPA secara tegas menyatakan bahwa prinsip, nilai dan strategi reforma agraria sejati, sebagaimana tertuang secara tersirat dalam UUPA, harus juga termanifestasikan dalam RUU pertanahan. Pemerintah harus didesak melalui RUU tersebut untuk mengambil tindakan tegas dan menyelesaikan tumpukan persoalan agraria. Tanpa itu, KPA menilai, masa depan agraria di Indonesia tak akan beranjak dari kondisi hari ini.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934