Pembekalan Ilmu Hukum Agraria untuk Para Calon Advokat

KPA/Jakarta: Acara Karya Latihan Bantuan Hukum (KALABAHU) yang dilaksanakan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta bertemakan “Menjadikan Pengabdi Bantuan Hukum Struktural yang Terampil dalam Mengadvokasi HAM serta Berpihak pada Masyarakat Miskin, Buta Hukum dan Tertindas’’. Peserta yang hadir adalah para calon advokat.

Dalam acara tersebut hadir Dewi Kartika Wakil Sekertaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) sebagai narasumber. Dewi memaparkan konflik agraria dan kriminalisasi terhadap petani bisa terjadi karena penegak hukum tidak paham reforma agraria. Sebagai contoh, kasus nenek Asyani yang dijerat oleh Undang – Undang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Kawasan Hutan.

Pada sesi penutup, Dewi menyampaikan bahwa untuk menyelesaikan konflik agraria secara keseluruhan dibutuhkan komitmen politik dari setiap lembaga Negara yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya alam, seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian Kehutanan dan LH, Kementerian BUMN. Kebijakan poltik agraria harus bersumber pada Undang–undang Pokok Agraria tahun 1960. AS.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934