KPA Berikan 60.000 ha kepada Kemen ATR/BPN dan KLHK untuk Didistribusikan

Jakarta (kpa.or.id) – KPA bersama KSP, Kantor Staf Presiden menyelenggarakan Lokakarya Percepatan Reforma Agraria Region Jawa Bali di Hotel Cemara 2, Kamis, (9/3). Lokakarya tersebut merupakan bagian sekaligus puncak dari rangkaian acara “Konsolidasi Lokasi Prioritas Reforma Agraria Region Jawa-Bali” yang berlangsung selama dua hari 8-9 Maret 2017. Lokakarya ini juga turut mengundang Perwakilan Kantor Pertanahan/BPN se-Jawa dan Bali, Pemerintah Daerah se-Jawa dan Bali dan Jaringan Masyarakat Sipil.

Rangkaian acara Konsolidasi hingga Lokakarya ini dilatarbelakangi anggapan pemerintah bahwa selama ini reforma agraria hanya dianggap relevan diimplementasikan di luar Jawa dan Bali. Namun, bagaimanakah implementasi reforma agraria di Jawa dan Bali, mengingat dari sisi subjek potensi penerima manfaat sangat besar sementara dari sisi objek mengalami keterbatasan. Implementasi Perpres Nomor 45 Tahun 2016 di Jawa dan Bali sangat penting mengingat Jawa dan Bali adalah konsentrasi ketimpangan agraria, kemiskinan di pedesaan, dan konflik agraria yang tak terselesaikan.

Secara garis besar, rangkaian acara 2 hari ini bertujuan untuk mengonsolidasikan lokasi-lokasi prioritas reforma agraria; menyerahkan lokasi-lokasi prioritas reforma agraria dari organisasi masyarakat sipil kepada Kementerian dan Lembaga terkait; dan yang terakhir untuk menyusun rencana aksi bersama dari Pemerintah dan organisasi masyarakat sipil untuk mempercepat implementasi reforma agraria di Jawa dan Bali.

Lokakarya ini ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Penyerahan data lokasi prioritas 60.000 ha se-Jawa dan Bali yang telah rampung dikonsolidasikan bersama Organ-organ Tani Rakyat sehari sebelumnya dalam Konsolidasi Lokasi Prioritas Reforma Agraria Region Jawa-Bali (8/3). “Data ini belum final, masih perlu dicek-cek terlebih dahulu, sebelum diimplementasikan.“ Kata Djamaluddin, Dirjen Penataan Agraria Kementrian ATR/BPN seraya mengacung-acungkan Data Lokasi Prioritas yang baru saja diserahkan oleh KPA.

Secara resmi Berita Acara Penyerahan tadi ditandatangani oleh Dewi Kartika, Sekjen KPA selaku penyerah berkas; Djamaluddin, Dirjen Penataan Agraria Kemen ATR/BPN; Budi Setyono, Direktur Land Reform Kementrian ATR/BPN; Muhammad Said, Direktur Pengukuhan dan Penataan Kawasan Hutan KLHK; dan diikuti Perwakilan Kantah-kantah se-Jawa dan Bali selaku penerima berkas.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934