Reforma Agraria Untuk Siapa?

“Kami berharap semua yang ikut (khususnya, kawan-kawan buruh dan mahasiswa) dalam Aksi Hari Tani nanti, tidak hanya sekedar memberikan pesan-pesan solidaritas terhadap Reforma Agraria (RA), tetapi melebur menjadi satu di dalam gerakan RA.” Pesan Iwan Nurdin, Sekjen KPA dalam Rapat Persiapan Aksi Hari Tani 2016.

Rabu (24/8) kemarin, Seknas KPA mengundang kawan-kawan jaringan pendukung RA untuk rapat persiapan Aksi Hati Tani 2016 di Jakarta. Ada sekitar 18 organisasi masyarakat sipil yang hadir dari Koalisi Nasional Pembaruan Agraria (KNPA), gerakan tani, gerakan buruh dan juga mahasiswa. Diantaranya adalah SPI, KPA, AMAN, Bindes, GMNI, SMI, SP, SPP, Formap, SAINS, P3I, KPRI, FPBI, JKPP, Sawit Watch, IHCJ, SPM, dan STI.

Aksi Hari Tani 2016 nanti ditargetkan akan dihadiri oleh sekitar 15.000 sampai 20.000 gabungan massa yang mewakili jutaan petani di seluruh Indonesia. Aksi tersebut akan diadakan tepat di depan Istana untuk menyuarakan tuntutan Reforma Agraria yang belum juga dilaksanakan hingga menjelang tahun ketiga pemerintahan Jokowi.

Dalam kesempatan rapat persiapan tersebut, Iwan Nurdin menegaskan kepada para peserta untuk menyuarakan satu tuntutan saja karena sejatinya RA adalah milik semua gerakan dan golongan. “Tanpa RA, gerakan buruh yang solid dan kuat akan sulit tercapai. Karena banyaknya konflik agraria dan minimnya lahan akan membuat arus urbanisasi tetap meningkat, sehingga pasar tenaga kerja akan semakin murah. Buruh akan semakin sulit meningkatkan daya tawarnya,” terang Iwan.

Dengan pelaksanaan RA pula nanti, idealnya bukan hanya tanah/lahan yang terdistribusi dan bukan hanya konflik-konflik agraria yang terselesaikan tetapi juga kesejahteran (red. Wealth). RA juga seharusnya nanti bisa membatasi kepemilikan terhadap tanah sehingga dengan hal tersebut, RA dapat memperlemah kekuasaan-kekuasaan oligarki –kalau bukan menghilangkannya sama sekali.

Lemahnya Oligarki dan tersebarnya/meratanya kesejahteraan di masyarakat sipil nantinya akan mempersehat Demokrasi dan Politik Kebangsaan Indonesia. Sehingga tuntutan RA sejatinya bukan hanya milik gerakan tani saja tetapi semua pihak.

Rapat persiapan Aksi Hati Tani 2016 berikutnya akan dilanjutkan pada 1 September nanti. Persiapan tersebut juga akan dihadiri kembali oleh Jaringan KNPA dan perwakilan-perwakilan serikat tani, buruh dan juga mahasiswa.

Tag : 

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934