Konsolidasi STKGB Pasca Rekomendasi Komnas HAM

Adi Wibowo

Tulang Bawang (kpa.or.id) – Lebih dari 500 orang berkumpul di depan rumah Ketua Serikat Tani Korban Gusuran PT. BNIL (STKGB). Mereka adalah warga yang berasa dari dua desa, Desa Bujuk Agung dan Agung Jaya Kabupaten Tulang Bawang. Meskipun cuaca sangat panas namun tidak mnyurutkan antusiasme warga untuk datang ke acara yang konsolidasi pasca keluarnya surat Rekomendasi Komnas HAM. Dalam acara konsolidasi yang berlangsung pada tanggal 06/10/2017 tersebut hadir dua orang perwakilan dari KPA, yaitu Syamsudin dan Wibowo.
 
Warga dua desa tersebut bertatap muka dan berdialog dengan perwakilan KPA mengenai langkah perjuangan ke depan. Syamsudin menjelaskan bahwa pentingnya konsolidasi semacam ini untuk terus menjaga roh perjuangan. Lebih lanjut dia menekankan bahwa pembangunan organisasi yang kuat dan efektif akan dapat menentukan kemenangan perjuangan kita kedepan. “STKGB harus mereorganisasi diri, serikat tani harus mampu mengubah diri dari korban menjadi pejuang” tegasnya.
 
Sementara itu Wibowo mengatakan bahwa surat rekomdasi Komnas HAM ini dapat menandakan bahwa perjuangan kita didukung oleh Lembaga negara yang khusus menangani persoalan Hak Asasi warga negara. “Hak atas tanah adalah hak asasi yang harus dilindungi oleh negara. Tanah adalah sumber penghidupan bagi rakyat Indonesia”. Tegas Wibowo.
 
Dalam sesi dialog banyak warga antusias bertanya dan mengeluarkan pendapat, seperti Pak Dede yang bertanya apakah pagar yang mengitari lahan yang diklaim oleh PT. BNIL tersebut dapat cabut sehingga warga dapat masuk kesana untuk mengambil rumput, toh juga rumput tersebut bukan tanaman milik PT. Jika dapat diambil oelh warga maka bisa untuk memberi makan ternaknya. Sementara itu salah seorang perempuan anggota serikat tani, ibu Dasimah menekankan mengenai pentingnya peran perempuan untuk turut andil dalam perujangan ini, saat ini perempuan dari dua desa ini sudah membentuk koperasi kecil-kecilan namun hasilnya sangat terasa bagi kita.
 
Acara yang berlangsung selama lebih dari 3 jam ini berlangsung dengan tertib. Setelah selesai acara warga membubarkan diri pulang ke rumah masing-masing, namun sebagian yang lain tetap berkumpul di rumah Pak Satiran (Ketua STKGB) sambil mendiskusikan jalan keluar mengenai persoalan yang selama ini dihadapi.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934