HTN 2017: KPA Jawa Timur Lakukan Audiensi dan Penyerahan Data Lokasi Prioritas Reforma Agraria

Adib Dian Mahmudi

Surabaya (kpa.or.id) – KPA Jatim bersama beberapa organisasi tani Jawa Timur mengadakan audiensi bersama BPN Jawa Timur, Senin, (25/9). Agenda yang diadakan di Kantor Wilayah BPN Jawa Timur ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Pokja II Kementerian ATR/BPN yang digelar beberapa waktu yang lalu.

Beberapa organisasi tani yang hadir dalam audiensi kali ini diantaranya adalah Paguyuban Petani Aryo Blitar (PPAB), Paguyuban Petani Gondang Tapen (PPGT), Paguyuban Petani Kelud Makmur (PPKM), Serikat Petani Gunung Biru (SPGB), dan Serikat Tani Independen (SEKTI). Turut hadir pula Ubed Anom dari Dewan Nasional KPA. Sementara dari BPN Jawa Timur diwakili oleh Bapak Agus Salim.

Dalam audiensi tersebut, BPN Jawa Timur lebih memfokuskan pada pembahasan mengenai perkembangan di lapangan terkait konflik agraria di masing-masing wilayah, serta langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh masing-masing organisasi.

Menurut Ubed Anom, Dewan Nasional KPA yang turut hadir dalam audiensi tersebut, penyediaan data-data pendukung seperti surat rekomendasi dari pemerintah daerah atau bukti keterangan habisnya HGU/HGB menjadi kebutuhan yang sangat penting. Hal ini dimaksudkan agar organisasi tani mendapatkan posisi tawar yang lebih kuat dalam memperjuangkan tanahnya.

Sementara Agus Salim, perwakilan BPN Jawa Timur menekankan adanya kerja sama antara organisasi tani dengan BPN. Agus mendorong masyarakat agar melakukan mediasi dengan pihak yang sedang mereka hadapi, utamanya para pengusaha yang saat ini masih beroperasi di wilayah mereka. BPN Jawa Timur bersedia memfasilitasi pertemuan tersebut dengan catatan ada win-win solution yang ditawarkan oleh masing-masing pihak,” terang Agus.

Setelah dilakukan audiensi, KPA Jawa Timur menyerahkan data Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) wilayah Jawa Timur kepada Agus Salim. Untuk data-data pendukung yang dibutuhkan, KPA Jawa Timur bersama organisasi tani Jawa Timur mengupayakan segera mendapatkan data tersebut.

Tindak lanjut dari audiensi di BPN Jawa Timur kali ini adalah dilakukannya mediasi antara organisasi tani setempat dengan pihak-pihak terkait di masing-masing wilayah LPRA. Masyarakat pun didorong untuk mengundang BPN Jawa Timur dalam mediasi tersebut, agar BPN Jawa Timur dapat berperan lebih aktif dalam upaya penyelesaian konflik agraria di Jawa Timur. (ADM)

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934