Pemerintah Belum Tekan Tombol Reformasi Agraria

INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID - Ketua Dewan Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria, Iwan Nurdin menilai Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla tidak menjalankan reforma agraria. 

Iwan mengapungkan pandangan itu dalam  Diskusi Sertifikat Tanah Manipulasi atau Reformasi, di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu (21/3).

Menurut Iwan, reforma agraria seharusnya mampu mengentaskan ketimpangan sosial, namun tidak dilakukan oleh pemerintahan sekarang. Justru, kata Iwan, dilakukan hanya sertifikasi tanah.

"Sekarang sertifikasi tanah bukan bagian penting dari reforma agraria. Seharusnya, reforma agraria itu memberikan hak sekaligus mengurangi ketimpangan sosial," ungkap Iwan.

Dia melanjutkan, kalau cuma berdasarkan pada sertifikasi, maka ketimpangan bakal terus eksis.

"Saya kira, harus diluruskan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang."

Iwan memandang, cara selama ini tidak pernah berimbang antara redistribusi dan legalisasi. Di antara kedua  aspek tersebut , pemerintah cuma mendorong legalisasi dengan cara sertifikasi tanah, sedangkan redistribusi nihil.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada redistribusi tanah. Dia mengakui, redistribusi itu ada, namun di lapangan targetnya sangat kecil. Dari rata-rata kepemilikan tanah, rakyat hanya memiliki 0,3 hektar. Padahal menurut dia, dengan angka itu tidak mampu mencukupi kesejahteraan rakyat.

"Rata-rata kepemilikan rakyat itu kecil. Rata-rata petani kita itu hanya punya 0,3 hektar. Nah 0,3 hektar itu kalau dilegalisasi, tidak cukup. Tidak bisa untuk kesejahteraan mereka."

Sehingga katanya, pemerintah juga harus berperan dalam redistribusi. Sebab, dari hasil pantauannya selama ini, pemerintah lebih banyak mendorong legalisasi daripada redistribusi untuk rakyat.

"Bila cuma legalisasi, tidak boleh disebut dengan reforma agraria dan, jika yang dicecar sejak awal itu legalisasi, pemerintah lupa bahwa inti dari reforma agraria itu adalah redistribusi tanah."

(yua)

 

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934