HTN 2017: Ratusan Petani Jambi Unjuk Rasa Peringati Hari Tani Nasional (HTN) ke 57

Jambi (KBRN) – Sekitar 500 orang pengunjuk rasa yang tergabung dalam Koalisi Hari Tanpa Tanah melakukan aksi di sekitar komplek Perkantoran Telanaipura Kota Jambi hingga ke gedung DPRD provinsi Jambi, Senin (25/9/2017).

Aksi yang digelar dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional (HTN) ke 57 tahun 2017 ini, merupakan gabungan dari beberapa LSM, mahasiswa serta masyarakat Suku Anak dalam (SAD), meliputi  Walhi Jambi, KKI warsi, AGRA Jambi, KPA Jambi, Serikat Tani Tebo (STT) lembaga adat SAD pangkalan Ranjau, perkumpuluan Walestra, PPJ dan lainnya.

Koordinastor aksi Fauzan Fitrah menyebutkan setidak ebberap tuntutan disuarakan dalam HTN ini, diantaranya stop monopoli tanah, hentikan reforma agrarian palsu, cabut perda Karhutla Jambi dan hentikan kriminalisasi kaum tani membakar atau merun, beri jaminan harga kelapa sawit dan karet serta hasil produksi kaum tani,cabut izin perusahaan perusahaan pembakar hutan dan lahan,terbitkan Perda pengakuan masyarakat adat serta selesaikan konflik agraria di Jambi.

“Dalam aksi hari ini setidaknya ada dua isu yang highlight, yakni Perda Karhutla yang dinilai  diskirminatif terhadap petani karena tidak dibolehkan merun atau berladang dengan skala kecil sehingga mereka (petani) tidak bisa menanam dan kita juga mengangkat fenomena harga komoditas karet /sawit yang tidak ada kebijakan pemerintah yang menjamin kepastian harga termausk menuntut masyarakat adat di Jambi diakui keberadaannya secara legal melalui Perda dan hak ulayat mereka dikembalikan”, terang Fauzan.

Pantauan dilapangan, tidak hanya membawa spanduk berisi tuntutan, para pengunjuk rasa yang terdiri dari pria dan wanita ini juga membawa papan kecil bertuliskan “tidak merun tidak makan” . Sementara itu, aksi yang mendapat pengawalan aparat kepolisian, Pol PP ini berjalan damai. (KBRN)

Berita ini disadur tanpa merubah isi dan substansi, dari link:
http://rri.co.id/lhokseumawe/post/berita/437774/daerah/ratusan_petani_jambi_unjuk_rasa_peringati_hari_tani_nasional_htn_ke_57.html

 

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934