Siaran Pers: Koalisi Peduli Korban Sawit Nabire

Nabire, 25 Maret 2016- warga Yerisiam Gua dan Yaur di kampung Sima, Wami dan Yaur Nabire Papua, rumah mereka terendam banjir akibat hujan deras yang melanda daerah ini. Saluran kali meluap dan merendam kampung setinggi tali pusat orang dewasa. Warga mengungsi sementara ke dataran tinggi lainnya dengan mendirikan tenda sementara.

Meluapnya air kali bukan karena peristiwa alamiah banjir. Tetapi hutan dan tanah pusat penahan abrasi air sudah gundul. Akibat dari kerakusan raksasa modal yang datang dan mengubah fungsi hutan dan tanah disekitar kampung. perkebunan kelapa sawit memang menyerap banyak air, tetapi tidak dapat meredam larian air (run off) karena tidak memiliki belukar. Berbeda dengan hutan yang semak belukarnya turut menghambat larian air

Dari info yang didapat Koalisi, banjir merendam 56 rumah di kampung Sima dan 21 rumah di SP Wami. Sementara sebagian besar warga kini mengungsi. Jalur ke kampung juga terputus lantaran jembatan penghubung sampai sekarang belum diperbaiki.

Dari pantauan koalisi, warga di kampung yang diapit perusahaan antara lain, PT Nabire Baru, PT Sariwana Adi Perkasa dan PT Sariwana Unggul Mandiri akan mengalami dampak bencana hari ini di kemudian hari lantaran cagar alam disekitar sudah rusak akibat resistensi perusahaan yang berkeliaran disekitar sini.

Mencegah terjadinya tragedi banjir yang berulang di kemudian hari, kami menyerukan:

1. Pemerintah selaku penyelenggara segera mengirim bahan makanan dan obat obatan kepada warga di kampung Sima, Wami dan Yaro.

2. Pemerintah pusat segera mengevaluasi keberadaan perusahaan yang beroperasi dengan mencabut ijin dan memulihkan fungsi hutan dan tanah sebagai penyangga air.

3. Mengingat bencana air kali yang meluap dan merendam rumah warga jarang terjadi sebelum masuknya perusahaan di areal sekitar maka
koalisi memastikan bahwa bencana banjir yang merendam kampung merupakan dampak dari perambahan hutan dan bukan alamiahnya alam

Sekian

John NR Gobai
Ketua Koalisi Peduli Korban Sawit Nabire

Siaran Pers Lainnya..

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934