tes baru

anonimus

Dalam peringatan May Day 2018, Gerakan Buruh untuk Rakyat (GEBRAK) menyerukan kepada rakyat Indonesia untuk bersama-sama membangun kekuatan politik alternatif untuk mewujudkan jalan keadilan bagi rakyat Indonesia. Seruan ini mendasarkan pada kondisi selama ini kita melihat tidak ada harapan akan perubahan dari kekuatan politik elit yang ada saat ini, baik yang berada dalam lingkar kekuasaan kubu Jokowi maupun kubu oposisi (Prabowo).

Tidak ada kesungguhan dari kedua kekuatan politik tersebut untuk memperbaiki kehidupan rakyat dan para korban pelanggaran hak asasi manusia. Ketika rakyat berjibaku dengan upah yang semakin murah, kerja yang semakin sulit digapai, para elit politik justru saling menyerang demi menaikan posisi tawar satu sama lain. Tidak ada dari mereka menggerakan kekuatan untuk melawan penggusuran-penggusuran yang merampas ruang hidup rakyat, menghapus impunitas dan menyelesaikan berbagai persoalan kejahatan terhadap kemanusiaan, lingkungan, dan korupsi.

Selama 20 tahun reformasi, realitas politik yang berkembang Indonesia kembali memasuki watak militeristik-watak represif. Watak tersebut mempersempit substansi hak asasi manusia dan ruang demokrasi. Watak tersebut termanifestasi didalam sikap anti-kritik, intoleran,  kebal hukum [impunitas], anti HAM, anti demokrasi dan anti terhadap upaya-upaya penegakan hukum hak asasi manusia. Watak tersebut diperlihatkan oleh Presiden Jokowi, institusi militer, Polri, purnawirawan militer, elit-elit politik sipil maupun kelompok masyarakat, baik yang berkuasa maupun yang oposisi.

Praktik jahat ini bisa kita lihat meningkatnya tindakan kriminalisasi terhadap warga sipil yang kritis. Menurut Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), kriminalisasi dan kekerasan kerap terjadi dalam konflik agraria dan TNI menjadi salah satu aktor kekerasan tersebut, disamping Polisi dan preman. Tercatat Sepanjang tahun 2017

Siaran Pers Lainnya..

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934