Menjadi Anggota

Ketentuan Menjadi Anggota KPA

Anggota KPA terdiri dari organisasi rakyat (petani, nelayan, masyarakat adat, perempuan dan masyarakat miskin kota) dan organisasi non-pemerintah, dan anggota individu sebagai anggota kehormatan yang konsen dalam isu Pembaruan Agraria untuk mewujudkan keadilan agraria di Indonesia.

 

Bagi setiap organisasi rakyat dan organisasi non-pemerintah yang tertarik menjadi anggota bisa mengusulkan langsung ke KPA Wilayah. Bagi organisasi rakyat, diutamakan kepada organisasi yang setingkat Kabupaten dengan jumlah anggota minimal 500 orang. Sementara anggota individu ditetapkan langsung oleh Sekjend setelah melalui persetujuan oleh Dewan Nasional. Organisasi terkait bisa langsung mengusulkan menjadi anggota kepada KPA Wilayah terdekat atau Sekretariat Nasional KPA apabila di wilayah mereka tidak terdapat KPA Wilayah. Penetapan anggota dilakukan dalam Musyawarah Nasional yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

 

Bagi setiap organisasi rakyat, organisasi non-pemerintah, dan anggota individu anggota KPA berkewajiban menjadikan Pembaruan Agraria sebagai agenda utama gerakan demi terwujudnya keadilan agraria di bumi pertiwi, tanah air Indonesia.

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934