Konflik Agraria Tinggi, KPA Jawa Timur Desak Pembentukan GTRA

Blitar (kpa.or.id) - Komnas HAM bersama KPA Wilayah Jawa Timur menggelar pertemuan di kantor Sitas Desa, Blitar, Jawa Timur, Rabu (25/7).
 
Pertemuan tersebut guna membahas beberapa hal mengenai penyelesaian konflik agraria di Jawa Timur seperti penyelesaian tanah eks-HGU, rencana pembentukan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) dan penyelesaian konflik agraria di Jawa Timur.
 
Dalam kesempatannya, KPA Jawa Timur dan Paguyuban Petani Aryo Blitar (PPAB) menyampaikan beberapa eks-HGU yang terdapat di Jawa Timur. Mereka mendorong tanah tersebut menjadi objek Reforma Agraria karna sudah digarap para petani.Sesuai apa yang dimandatkan Undang-Undang Pokok Agaria No. 5/1960.
 
Mengenai GTRA Jawa Timur, Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menyatakan komitmen ikut mendorong pembentukan GTRA. Dalam waktu dekat, ia akan mempelajari SK GTRA yang telah dikeluarkan oleh Kementrian ATR/BPN.
 
"Saat ini Komnas HAM tengah mendalami konflik-konflik tersebut untuk melihat sejauh mana peran Komnas HAM dalam proses penyelesaian konflik,” ujar Beka,
 
“Selain itu juga mendorong mediasi dan memberikan rekomendasi pada lembaga terkait,” tambahnya.
 
Menanggapi hal tersebut, Korwil KPA Jatim, Izzudin menagaskan bahwa penyelesaian konflik agraria di Jawa Timur harus menjadi prioritas dengan membentuk tim khusus penyelesaian konflik. Pasalnya, Jawa Timur termasuk provinsi dengan letusan konflik tertinggi di tanah air.
 
Sedikitnya, 60 konflik agraria meletus sepanjang 2017. Ini merupakan angka tertinggi konflik agraria secara nasional. Artinya, jika memang pemerintah mempunyai i’tikad baik dalam mendorong penyelesaian konflik agraria di Jawa Timur, maka GTRA harus segera dibentuk.” tegas Izzudin.
 
Di akhir sesi, disampaikan komitmen bersama rencana tindak lanjut antara KPA Jawa Timur dengan Komnas HAM untuk penyelesaian konflik agraria di Jawa Timur.
 
Langkah pertama, Komnas HAM akan mendorong Gubernur Jawa Timur melakukan mediasi dengan beberapa pihak terkait guna membahas proses penyelesaian konflik tersebut. (AR/BW)

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934