KPA Sultra Serahkan Surat Permohonan Evaluasi Reforma Agraria ke Ombudsman RI

Benni Wijaya

Kendari (kpa.or.id) - Kordinator Wilayah KPA Sulawesi Tenggara, Torop Rudendi secara resmi menyerahkan data Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) dan surat permohonan evaluasi program reforma agraria ke Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara di Kendari, Rabu (13/3/2019).

Hal ini merupakan tindaklanjut pertemuan antara pertemuan KPA Sultra dengan Ombudsman pada tanggal 5 Maret 2019.

Pada pertemuan tersebut, Ombudsman berkomitmen akan mengevaluasi perkembangan pelaksanaan reforma agraria di Sultra sebagaimana laporan KPA. Oleh sebab itu, mereka meminta KPA menyerahkan surat permohonan secara resmi dan data konflik agraria di Sultra sebagai bahan evaluasi.

“Pasca ini , KPA Sultra akan terus kawal kerja-kerja Ombudsman kalau memang ini dikerjakan sesuai komitmen mereka. Kebetulan pada pertemuan sebelumnya mereka juga janji akan melaksanakan diskusi publik membahas persoalan reforma agraria di Sultra,” ujar Torop.

Ke depan, Torop berharap Ombudsman segera mengevaluasi pelaksanaan reforma agraria, terutama mengenai Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), termasuk penetapan lokasi reforma agraria yang tidak mengakomodir usulan-usulan masyarakat.

“Kalau kita bilang, pelaksanaan reforma agraria di Sultra selama tidak tepat sasaran karna tidak menyasar lokasi-lokasi konflik agraria,” lanjut Torop.

Torop juga berharap BPN segera menindaklanjuti lokasi-lokasi yang telah diusulkan KPA. (BW)

 

 

 

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934