Serikat Tani Independen Dorong Pembentukan GTRA Kabupaten Jember

admin

Surabaya (kpa.or.id) – Kamis, 1 Agustus 2019, Serikat Tani Independen (SEKTI) Jember melakukan audiensi dengan Kanwil ATR/BPN Jawa Timur. Audiensi ini dilakukan berdasarkan kegelisahan masyarakat terhadap beberapa isu yang berkembang yakni, penyelesaian konflik agraria di Kabupaten Jember yang hanya menargetkan satu lokasi yakni Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. 
 
Padahal di Jember ada 12 lokasi yang sudah diusulkan oleh SEKTI bersama KPA ke pemerintah melalui Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA). Petani meminta agar 12 lokasi yang tersebar di 6 kecamatan, yakni kecamatan Tempurejo, Rambipuji, Panti, Mumbulsari, Ambulu dan Kecamatan Silo tersebut juga diprioritaskan penyelesaiannya, mengingkat situasi konflik yang sangat kronis.  
 
Petani menuntut Bupati segera membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) sebagai tim penyelesaian konflik. Hal ini dirasa penting dilakukan untuk mengakselerasi penyelesaian konflik agraria di Kabupaten Jember sesuai mandat Perpres No. 86 Tentang Reforma Agraria.
Juma’in, selaku Ketua SEKTI Jember mengungkapkan penyelesaian konflik agraria di Jember harusnya sudah lebih maju ketimbang 20 tahun lalu. 
 
Apalagi saat ini sudah ada Perpres Reforma Agraria, Keputusan Menteri Nomor 79 Tentang Pembenntukan GTRA Pusat, ada Keputusan Gubernur Jatim, ada Keputusan Kakanwil terhadap tim pelaksanaan harian GTRA Provinsi. Selanjutnya kita hanya menunggu terbentuknya GTRA Kabupaten Jember.” Ujar Juma’in
 
Lebih lanjut para anggota SEKTI berharap dari hasil pertemuan tersebut akan ada komunikasi pemerintah daerah dengan masyarakat khususnya yang saat.
 
Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa akan dilakukan penyelesaian menyesuaikan dengan anggaran dan teknis. Selanjutnya, Kakanwil ATR/BPN Jawa Timur akan mendatangi  Bupati Jember untuk memberikan arahan dan pemahaman mengenai pembentukan GTRA Kabupaten. Apabila tidak ada progres, GTRA Provinsi akan mengambil alih secara langsung penyelesaian konflik di Kabupaten Jember.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934