Duta Muda Agraria Bandung Siap Menyambut Global Land Forum 2018

Bandung (kpa.or.id) - Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) bekerjasama dengan Jurusan Antropologi  Universitas Padjajaran (Unpad), menyelenggarakan pendidikan reforma agraria bagi “Duta Muda Agraria” di Bandung. Bertempat di Kampus Unpad, Dago, acara ini berlangsung selama 3 hari dari 14 – 16 Agustus 2018. Para peserta merupakan pemuda serikat tani anggota KPA dan mahasiswa yang berasal dari Kota Bandung dan Jawa Barat.

Selama tiga hari, para peserta mendapatkan pemahaman dasar mengenai reforma agraria dan gerakan tani. Berbagai pemahaman tersebut datang dari beberapa tokoh dan aktivis agraria yang sebagian besarnya merupakan anggota KPA. Sebut saja, Agustiana (Sekjend SPP), Noer Fauzi Rachman (Mantan Ketua BP KPA), dan Usep Setiawan (Majelis Pakar KPA), Iwan Nurdin (Ketua Dewan Nasional KPA), Sekjend KPA, Dewi Kartika,  salah satu alumni Antropogi Unpad.

Walaupun sebagian besar dari peserta masih baru dengan reforma agraria. Akan tetapi, mereka tetap bersemangat mengikuti pendidikan ini. Hal ini terlihat dari antusiasme mereka dari hari pertama hingga hari terakhir.

Pendidikan reforma agraria ini memberikan banyak pengetahuan baru bagi saya, mulai dari pengertian agraria yang selama ini aku salah kaprah, sampai sejarah dan pergerakan mengenai reforma agraria itu sendiri”, Ujar Tiara Dinda Astari, salah satu peserta pendidikan.

“Selain itu, pendidikan ini membuka wawasan saya mengenai kasus-kasus agraria yang jumlahnya ternyata cukup tinggi di Indonesia. Semoga ilmu yang saya dapat dari sini bisa dibagi ke teman-teman lain dan membantu mengedukasi masyarakat agar konflik agraria semakin berkurang”, tambahnya.

Para peserta ini merupakan hasil seleksi yang telah dilakukan KPA selama sebulan lebih. Para Duta Muda Agraria ini akan menjadi bagian dari Global Land Forum 2018 yang diselenggarakan dari 22 – 27 September 2018 di Bandung. Tentunya, peran mereka diharapkan tidak hanya berhenti dipenyelenggaraan GLF. Dalam jangka panjang, mereka diharapkan menjadi kader-kader reforma agraria yang akan meneruskan tonggak estafet perjuangan reforma agraria, khususnya di Bandung.

Maka dari itu, penting untuk memberikan pemahaman dasar mengenai reforma agraria kepada mereka. Sebagai pintu masuk untuk terus menyelami khazanah pengetahuan reforma agraria yang nantinya juga akan mereka bagikan ke khalayak luas.

Kita mengharapkan generasi muda ini tidak hanya berkontribusi dalam penyelenggaraan GLF. Namun ke depan, mereka juga mampu menjadi kader dan duta reforma agraria, khususnya di kota Bandung. Sebagai generasi muda, mereka harus dipersiapkan untuk merebut tonggak estafet perjuangan reforma agraria,” Ujar Sekjend KPA, Dewi Kartika.

Selain KPA dan Unpad, pendidikan ini juga didukung oleh International Land Coalition (ILC) dan Kantor Staf Presiden (KSP). Bahkan di hari ke-2, para peserta berdiskusi langsung dengan dengan staf ILC, Sabine Pallas. Dalam kesempatannya, Sabine dengan antusias menjelaskan ILC dan GLF yang disambut berbagai pertanyaan dari para peserta. (AR)

 

Berita Lainnya

Liputan Khusus

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934