GeSLA Atasi Covid-19: Masyarakat Adat Kampung Secanggang Bangun Posko Desa Maju Reforma Agraria Lawan Covid-19

admin

Langkat (kpa.or.id) – Infeksi virus Coronavirus Disease atau Covid-19 terus meluas di Indonesia. Tidak hanya di kota, saat ini penyebaran virus telah mulai memasuki wilayah-wilayah desa dan pelosok pesisir.

Merespon situasi tersebut, Badan Perjuangan Rakyat Penunggu Indonesia (BPRPI) Kampung Secanggang, Langkat, Sumatra Utara segera membentuk Posko Desa Maju Reforma Agraria (DamaRA) untuk penanganan virus Covid-19.

Inisiatif ini sebagai langkah mitigasi agar penyebaran virus corona tidak masuk ke Kampung secanggang. Sebelumnya, Sekjend KPA, Dewi Kartika mengeluarkan surat edaran kepada seluruh organisasi anggota yang berisi seruang untuk jaga kampung dan desa dari penyebaran vrus dengan membuat protokol kesehatan di masing-masing kampung dan desa.

Sanjaya Santo, pengurus BPRPI Kampung Secanggang menyatakan sejauh ini sudah ada beberapa kegiatan dan langkah mitigasi yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus, diantaranya membuat protokoler kesehatan bagi anggota dan warga kampung seperti anjuran cuci tangan, pakai masker dan melakukan penyemprotan disinfektan secara gotong royong.

Sejauh ini kami sudah melakukan penyemprotan disinfektan, membagikan tempat pencuci tangan, hand sanitizer, masker dan melakukan cek suhu kepada seluruh anggota organisasi di 12 komunitas BPRPI,” jelas Santo.

Selain itu, pengurus BPRPI juga mendorong para kader organisasi untuk secara swadaya membuat masker dari kain agar bisa mencukupi kebutahan masker di kampung.

Kegiatan-kegiatan ini disambut baik oleh seluruh anggota karena mereka menyadari pentingnya mencegah penyebaran virus ini agar tidak sampai mengganggu aktivitas di desa dan memakan korban,” tutup Santo.

Berita Lainnya

Liputan Khusus

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934