Komite Reforma Agraria Sumatra Selatan Datangi Kanwil ATR/BPN, Desak Penyelesaian Konflik Agraria

admin

Palembang (kpa.or.id) – Komite Reforma Agraria Sumatra Selatan (KRASS) yang terdiri dari sembilan organisasi tani mendatangi Kanwil ATR/BPN Sumsel, Rabu, 17 Juni 2020.

Kedatangan tersebut untuk memprotes sikap pemerintah yang menunda-nunda proses penyelesaian konflik agraria di 9 kabupaten di Sumsel, sekaligus mendesak percepatan proses penyelesaiannya.

Sebelumnya, Kanwil ATR/BPN mengeluarkan surat No. 1839/16.MP.01.02/IV/2020 tentang penundaan penanganan konflik agraria di Sumsel.

Dalam kunjungan ini, KRASS diterima Kabid Penanganan Sengketa Kanwil ATR/BPN Sumsel, Sauidah.

Dedek Chaniago, Ketua KRASS mengatakan situasi pendemi Covid-19 telah melahirkan krisis berlapis bagi petani di wilayah-wilayah konflik agraria. Mereka terancam mengalami krisis pangan akibat tidak adanya pengakuan dan jaminan atas tanah-tanah yang mereka garap,” Ujarnya.

Belum lagi intimidasi dan kriminalisasi yang terus dialami para petani di tengah masa pandemi ini,” tambahnya.

Ia mencontohkan nasib dua petani Lahat yang harus meregang nyawa saat mencoba mempertahankan tanah garapan mereka dari tindakan penggusuran pihak perusahaan medio Maret lalu.

Mengingat mendesaknya hal tersebut, KRASS sangat menyayangkan dan memprotes sikap pemerintah yang terus menunda-nunda penyelesaian konflik agraria di Sumsel. Kami menilai pandemi corona tidaklah tepat sebagai alasan penundaan, apalagi pertemuan atau pembahasan bisa dibahas secara virtual,” tegas Dedek.

Sejauh ini, 11 kasus konflik agraria di 9 kabupaten/kota yang kita dorong situasinya sangat mendesak untuk segera ditangani. Jika tidak segera ditangani, berpotensi memakan korban jiwa seperti yang telah terjadi di Kabupaten Lahat. Sebab itu, kita mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikannya,” tutup Dedek.

Sauidah menyampaikan bahwa akan segera menindak lanjuti permintaan para petani “Kita akan segera tindak lanjuti, dan karena ini masih masa Pandemi maka minimal kita akan membangun komunikasi via daring, dan juga kita berharap pandemi lekas berlalu sehingga kita bisa kembali melakukan rapat marathon seperti sebelum masa Pandemi untuk menyelesaikan konflik agraria di Sumatera Selatan ini.” Terang Suaidah.

 

 

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934