Diskusi KPA dengan Warga Sukamulya Menolak Pembangunan BIJB

Sekitar seratus orang berkumpul di pendopo Balai Desa Sukamulya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka untuk memperingati acara ulang tahun desa yg ke 52 pada hari ini, Kamis (19/5). Dalam acara tersebut terdapat agenda diskusi mengenai hak-hak rakyat yang tergusur tanahnya oleh pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).
 
Diskusi tersebut dipandu oleh tokoh pemuda dan lurah setempat. Dengan menghadirkan narasumber Iwan Nurdin dari KPA. Acara diskusi dibuka oleh lurah yang sangat mendukung perjuangan rakyat Sukamulya. Diskusi dibuka dengan pertanyaan apakah rakyat yang telah menguasai tanah dan menggarap lahan selama puluhan tahun dapat digusur begitu saja oleh pemerintah.
 
Iwan menjelaskan bahwa “hak milik atas tanah itu kuat diatas hukum, siapapun bahkan aparat tidak dapat masuk tanpa dapat menunjukkan surat dari negara”.
 
Dalam UU Pengadaan tanah untuk kepentingan umum bagi pembangunan disebutkan bahwa penetapan tanah tersebut ada tahapannya.  Jika tahapan tersebut tidak dilalui maka penetapannya tidak sah, dan frasa untuk kepentingan umum tersebut berarti harus lintas batas segmen sosial. Bandara tidak masuk kategori ini karena hanya kelas atas saja yang menikmati, masyarakat bawah seperti kaum tani tidak mendapatkan faedah dari pembangunan bandara ini. Malah rakyat tani digusur tanahnya dan dicabut hak penghidupannya.
 
Upaya hukum dapat dilakukan oleh oleh rakyat Sukamulya untuk menolak pembangunan bandara ini, seperti diantaranya mengugat SK atau mengajukan keberatan atas pembangunan bandara. Hal ini dapat dilakukan karena langkah hukum ini ada dalam UU.
 
Pembangunan bandara ini hanya menguntungkan segelintir oknum yang korupsi karena memainkan harga tanah dengan banyak modus, mulai dari pengukuran hingga pertunjukan tanah.
 
Terakhir Iwan menyampaikan “bahwa KPA akan mendukung perjuangan rakyat sukamulya dalam mempertahankan lahan penghidupannya dari gusuran pembangunan”.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934