Pertemuan KPA-BPN untuk Kunjungan Belajar RA di Filipina

Pertengahan Februari nanti KPA bersama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan mengadakan kunjungan belajar ke Filipina. Acara ini akan  di-host oleh Departemen Reformasi Agraria (DAR) Pemerintah Filipina. Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan terakhir antara dua Kementerian Agraria dari kedua negara tersebut pada tanggal 18-19 Oktober 2015 lalu yang mengusulkan adanya Kunjungan Belajar Delegasi Pemerintah Indonesia ke Filipina. Adapun latar belakang diadakan kunjungan ini adalah melihat keberhasilan Pemerintah Filipina dalam melakukan Program Reformasi Agraria Komprehensif-nya (CAR); dan juga keberhasilan dari Kunjungan Belajar Delegasi Pemerintah Nepal dalam isu yang sama pada tahun 2012.
 
Kunjungan ini adalah bentuk tindak lanjut janji Pemerintahan Jokowi untuk melakukan Reforma Agraria seperti apa yang selama ini KPA dan Serikat-serikat Tani tuntut demi terciptanya keadilan sosial. Saat ini proses Reformasi Agraria di Indonesia masih tertahan dalam pembahasan RUU Tanah, pembuatan IP4KT dan Perpres yang mengatur pembagian lahan seluas 9 juta hektar untuk rakyat sejak satu tahun Pemerintahan Jokowi. Dengan adanya kunjungan belajar ini Pemerintah diharap dapat belajar dari kesuksesan dan pengalaman Pemerintah Filipina dalam memformulasi UU Reformasi Agraria yang Komprehensif (CARL) dan menjalankan Program-program Reformasi Agraria secara Komprehensif (CARP).
 
Adapun pembahasan-pembahasan yang ada di dalam Kunjungan Belajar ini adalah;
 
Orientasi dari CARL dan CARP: secara hukum, kebijakan dan kelembagaan.
Pengalaman dalam mempromosikan tata pengelolaan dan administrasi tanah untuk mengenali dan melibatkan masyarakat lokal dan organisasi masyarakat (serikat petani, organisasi masyarakat adat, serikat nelayan, dll.)
Paparan di lapangan dan pemangku-pemangku kebijakan.
Pembahasan tantangan-tantangan dan pelajaran yang didapat dari pemerintah Filipina.
Rencananya Kunjungan Belajar ini akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 16 Januari 2016, akan tetapi kemudian diundur pada Februari 2016. Departemen Reforma Agraria (DAR) akan menjadi tuan rumah dan menanggung seluruh akomodasi delegasi Pemerintah Indonesia. Sementara untuk KPA, program-program Kunjungan Belajarnya akan dikoordinasikan oleh Asian NGO Coalition (ANGOC), yang merupakan koalisi NGO se-Asia untuk Reforma Agraria dan Pembangunan Pedesaan.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934