KPA dan BPHN Lakukan Kampanye dan Advokasi Bantuan Hukum Bagi Warga Binaan LAPAS Wanita

KPA/Jakarta,19-11-2015; Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS ) khusus wanita  Pondok Bambu, Jakarta Timur. Organisasi Bantuan Hukum Perkumpulan Reforma Agraria Indonesia bekerjasama dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional ( BPHN ) melakukan sosialisasi dan implementasi Undang – Undang Bantuan Hukum No 16 Tahun 2011 dimana acara tersebut di fasilitasi oleh Kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah DKI Jakarta, adapun maksud dan tujuan acara tersebut adalah  menjelaskan bagaimana tata cara dan tahapan bagi warga binaan Rutan/Lapas dalam mengakses bantuan hukum secara cuma – cuma alias gratis.
 
Hadir dalam acara tersebut narasumber Ganto Almanysah, SH dari Organisasi Bantuan Hukum KPA, Rohadi Supriyanto, SH. MH. Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dan Ibu Trisnawati, SH. Wakil Ketua Penyuluhan Hukum LAPAS Wanita Pondok Bambu.
 
Dari masing – masing narasumber menjelaskan tentang bantuan hukum, yang dimana dijelaskan tentang proses, tahapan baik secara administrasi maupun kegiatan seperti litigasi maupun non litigasi, dan juga apa hambatan maupun masalah yang sedang dihadapi baik itu dari si pemberi bantuan hukum yakni organisasi bantuan hukum dan si penerima bantuan hukum bagi masyarakat yang sedang menghadapi persoalan hukum.
 
Dalam perjalanannya UU No. 16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum masih sangat minim bagi masyarakat untuk mengakses karena kurang sosialisasi baik secara kampanye maupun advokasinya. Oleh karena itu Badan Pembinaan Hukum Nasional bersama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM mengajak Organisasi Bantuan Hukum untuk pro aktif dalam melakukan sosialisasi UU No. 16 Tahun 2011 agar tujuan dan amanat dari UU tersebut tercapai baik secara kualitas maupun kuantitas.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934