Kepastian Hukum Bagi Para Narapidana di Lapas Cipinang

KPA/Jakarta, 11 /08/2015; Persoalan yang sedang dihadapi oleh para tahanan yang dimana kebanyakan dari mereka menghadapi rumitnya proses tahapan hukum, dibahas oleh Lembaga Bantuan Hukum Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), hal ini disampaikan dalam Penyuluhan dan Konsultasi Hukum Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di LAPAS Cipinang, Jakarta Timur.
 
Ganto Almasyah, SH dari LBH KPA memaparkan tentang Hak – Hak Tersangka dan Terdakwa, secara keseluruhan yang diatur dalam Kitab Hukum Acara Pidana (KUHAP), secara teori dan praktek dijelaskan secara jelas tentang hak – hak dan kewajiban tahanan maupun narapidana, memang secara teori memang sangatlah berbeda dengan praktek dilapangan, dalam pengalamannya sebagai Advokat, Ganto menjelaskan sekarang ini hukum nasional sangat mudah dipelintirkan dalam artian apa yang terdapat dalam KUHAP  dengan praktek seperti proses penyidikan, penyelidikan dari Kepolisian, Kejaksaan hingga proses Pengadilan kadangkala tidak serupa.
 
Dalam penyuluhan dan konsultasi hukum hadir juga Rohadi Supriyanto, SH dari Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, yang memberikan materi mengenai Undang – Undang Nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, yang dimana dijelaskan kewajiban dari Pemberi bantuan hukum yakni LBH dan Penerima bantuan hukum yakni masyarakat tak mampu.
 
Ada beberapa kasus yang dihadapi oleh para peserta penyuluhan , yang berjumlah 36 orang yang kebanyakan dari mereka terjerat tindak pidana umum, salah satu peserta menerangkan bahwa ia korban karena ditangkap oleh Polisi karena disangka penadah sedangkan menurut keterangannya dia membeli Handphone dari seseorang namun ia tidak tahu kalau barang tersebut hasil dari pencurian, ia dikenakan Pasal 480 tentang penadahan barang diancam pidana 7 tahun, ia mengaku tidak mendapatkan bantuan hukum.
 
Oleh karenanya LBH KPA menganggap penegakan hukum bagi masyarakat masih sangat lemah dan  kepastian hukum bagi warga negara belum sepenuhnya dijamin oleh Negara. (AS)

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934