BPN Gandeng KPA Wilayah Jambi untuk Percepatan Redistribusi Tanah

Aldo Ramadhan

Jambi (kpa.or.id) – Kanwil BPN Jambi akan segera melakukan redistribusi tanah dalam rangka pelaksanaan reforma agraria di Jambi. Hal itu diungkapkan dalam pertemuan dengan KPA Wilayah Jambi, Selasa (26/2) di Kantor Wilayah BPN Jambi.

Tanah yang dimaksud tersebut berada di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi seluas 3.550 hektar. Areal ini merupakan tanah garapan Suku Anak Dalam (SAD) yang dulunya diserobot HGU PT. Berkat Sawit Utama (BSU). Desa Bungku sendiri merupakan salah satu dari 23 Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) yang telah diusulkan KPA kepada pemerintah jauh sebelumnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kanwil BPN Jambi, Beni Hermawan meminta Koodinator KPA Wilayah Jambi, Fransdodi membantu proses percepatan rediistribusi tersebut.

Menanggapi itu, Fransdodi menyatakan akan siap berkolaborasi dengan BPN untuk mengawal implementasi reforma agraria di Jambi baik mengenai substansi hingga teknis.

Kita nantinya akan melakukan pendataan subjek dan objek redistribusi di wilayah pelepasan tersebut, namun dengan catatan BPN juga mau menindaklanjuti usulan LPRA KPA di Dusun Rantau Rasau, basis Serikat Tani Batanghari (SPB) lainnya yang juga berkonflik dengan PT. BSU,” tegas Dodi.

Lebih lanjut, Dodi menuturkan redistribusi ini telaksana atas permintaan warga SAD dan disetujui oleh pihak perusahaan.

“Mereka lebih memilih mengelolah tanahnya sendiri ketimbang bekerjasama dengan perusahaan, pasalnya masyarakat kerap merasa dirugikan,” sambungnya.

“Jauh-jauh hari, kita sudah sampaikan berkali-kali persoalan ini dalam rapat Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Provinsi Jambi,” Dodi menegaskan.

Warga SAD ini sendiri merupakan anggota dari SPB. Ihwal bergabung mereka dikarenakan konflik dengan perusahaan. Pihak perusahaan menyerobot tanah garapan mereka. Tidak terima, akhirnya warga  melakukan perlawanan dan hingga akhirnya bergabung dengan SPB.

Mengenai pelepasan tanah di Dusun Rantau Rasau, Kanwil BPN akan mengundang pihak perusahaan untuk bertemu dengan SPB guna menyelesaikan konflik tersebut.

Selain itu, dalam minggu depan Kanwil BPN Jambi juga akan membuat rencana kerja percepatan reforma agraria di Jambi bersama KPA Wilayah Jambi. (AR)

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934