Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara Akan Evaluasi Reforma Agraria

Benni Wijaya

Kendari (kpa.or.id) – KPA Wilayah Sulawesi Tenggara kunjungi Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Tenggara, Selasa (5/3) di Kota Kendari. Pada kesempatan tersebut, Torop Rudendi, Korwil KPA Sultra ditemani perwakilan Serikat Tani Konawe Selatan (STKS), Lembaga Masyarakat Adat Padehe (LMAP), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Kendari.

Kunjungan ini dilakukan sehari paska konferensi pers bersama “Tinjauan dan Evaluasi 4 Tahun Reforma Agraria” antara KPA dengan Ombudsman RI di Jakarta, Senin, (4/3)

KPA Sultra meminta Ombudsman RI Sultra melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan reforma agraria di Sultra, salah satunya data Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) usulan masyarakat yang tak kunjung ditindaklanjuti BPN Sultra.

“Kita sudah sejak lama mengusulkan data-data lokasi konflik agraria di Sultra kepada pemerintah sebagai usulan lokasi penyelesaian konflik agraria, namun tak kunjung ada tindak lanjut dari BPN”, Ujar Torop.

Beranjak dari situasi di atas, KPA Sultra mendorong Ombudsman RI Sultra menyelenggarakan pertemuan multi-pihak untuk mengevaluasi pelaksanaan reforma agraria dan percepatan Perpres RA.

Gayung bersambut, Ketua Ombudsman RI Sultra, Mastri Susilo menyambut baik usulan tersebut dan berjanji akan segera menindaklanjutinya.

Reforma agraria khususnya isu pertanahan sangat menarik untuk dimunculkan ke publik, karna ini merupakan isu penting bagi masyarakat,” tandas Mastri.

Ke depan, kami berharap kerja sama dari KPA Sultra, terutama mengenai data-data konflik agraria, sekaligus mengirimkan surat pengaduan secara resmi sebagai bahan bagi kami guna merumuskan langkah-langkah penanganannya,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Ombudsman RI Sultra juga menawarkan agar reforma agraria diangkat menjadi salah satu tema dalam kegiatan “coffe morning”.

Coffe Morning merupakan kegiatan diskusi rutin Ombudsman yang diselenggarakan setiap bulan dengan mengangkat isu-isu strategis yang berada di tengah publik, utamanya mengenai pelayanan. Diskusi ini melibatkan beragam stakeholder yang kompeten dalam setiap isu yang dibahas.

Sangat menarik apabila dijadikan salah satu topik dalam diskusi rutin Ombudsman, karna isu ini sangat penting diketahui masyarakat. Tentunya dengan melibatkan instansi pemerintah terkait, KPA, dan pegiatan reforma agraria di Sultra sebagai narasumber,” tutupnya (BW)

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934