Serikat Tani Tebo, Panen Raya di Tanah Perjuangan

Ridwan Akbar Tanjung

Tebo (Kpa.or.id) – Serikat Tani Tebo (STT) selenggarakan panen raya di Desa Lubuk Mandarsah, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, Jambi, Selasa (19/2/2019).

Panen raya ini berada di atas lahan garapan anggota STT yang saat ini statusnya tengah berkonflik dengan PT Wira Karya Sakti (WKS), salah satu anak perusahaan Sinarmas yang bergerak di sektor industri kehutanan.

Bagi STT, panen raya ini merupakan simbol kemenangan atas perjuangan mereka merebut kembali tanah yang telah dirampas PT WKS tersebut.

Perjuangan STT tidaklah mudah, mereka telah berjuang mengambil kembali tanah yang diklaim oleh PT WKS tersebut sejak tahun 2007. Puncaknya tahun 2013, para petani berhasil menduduki kembali tanah tersebut

Sekjend KPA, Dewi Kartika dalam sambutannya menyatakan perlu sikap optimis dalam membangun perjuangan di basis STT untuk gerakan reforma agraria. Dengan adanya panen raya diatas tanah garapan hasil perjuangan rakyat ini menunjukan bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia selama sikap optimis terus dijaga.

Setelah sambutan, Sekjen KPA memanen padi ladang bersama para petani, sebagai pesan simbolik bahwa perjuangan yang dilakukan petani akan membuahkan hasil.

Setelah itu, dilakukan penamaman bibit pohon durian sebagai bentuk keberlanjutan perjuangan serikat untuk mewujudkan reforma agraria.

Dalam kesempatan ini, Dewi juga melakukan sosialisasi Perpres No, 86 tentang Reforma Agraria di hadapan seluruh anggota serikat.

“Dengan adanya Perpres 86 ini, dapat menjadi alat perjuangan baru bagi serikat-serikat tani”, Ujar Dewi.

Ia juga menjelaskan perpres ini memang belum merupakan bentuk dari kebijakan reforma agraria yang sejati, namun peluang-peluang yang ada di dalamnya tetap harus dimaksimalkan oleh anggota serikat.

“Agar perpres ini bisa maksimal, maka perlu segera dibentuk Gugus Tugar Reforma Agraria (GTRA) dengan melibatkan partisipasi petani dan masyarakat sipil”, pesan Dewi.

Di tingkat Nasional terus diperjuangan secara kebijakan dan politik, namun gerakan di tingkat basis juga perlu untuk terus diperkuat dan di gaungkan.”, Ia menegaskan. (RAT)

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934