Serikat Tani Tebo Fokus Budidaya Ikan dan Bangun Sekolah di Lahan Kolektif

Tebo (kpa.or.id) - KPA Wilayah Jambi bersama-sama dengan petani STT menyelenggarakan rapat akbar Desa Maju Reforma Agraria (Damara) di Bukit Rinting, Dusun Pelayang Tebat, Desa Lubuk Mandarsah, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Jambi, Sabtu, 27 April 2019.

Pertemuan yang diselenggarakan selama sehari tersebut merupakan langkah lanjut STT menuju pembangunan desa yang maju dan mandiri berbasis reforma agraria.

Disadari bersama, perjuangan reforma agraria bukan semata perjuangan merebut tanah. Namun dalam narasi yang lebih besar perjuangan reforma agraria ialah inisiatif petani memetakan potensi dan menentukan arah pembangunan desa mereka secara bersama dan mandiri.

Rapat tersebut dihadiri oleh 50 anggota organisasi di wilayah Bukit Rinting. Hadir pula Syamsudin Wahid, dari Departemen Organisasi KPA dan Fransdodi selaku Kordinator KPA Wilayah Jambi.

Beberapa poin yang dibahas dalam rapat tersebut diantaranya budidaya ikan dan pemanfataan tanah-tanah kolektif, yang akan menjadi agenda kerja ke depan.

Budidaya ikan yang akan dilakukan tersebut menggunakan metode kerambah dengan bambu sebagai pelampung. Secara ekonomis, penggunaan kerambah mampu meminimalisir pengeluaran petani dibanding penggunaan drum yang banyak dijual di pasaran.

Sedangkan untuk lahan kolektif, tengah masuk dalam proses pembersihan lahan. Sebagian lahan sudah dipersiapkan untuk pembangunan sekolah seluas dua hektar. Sisanya seluas 12 hektar akan digunakan sebagai lahan pertanian masyarakat yang akan dikerjakan secara bersama.

 

 

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934