Menuju Damara, Serikat Petani Badega Dirikan Credit Union dan Pusat Pelatihan Petani

Ridwan Akbar Tanjung

Garut (kpa.or.id) – Salah satu prasyarat menuju Desa Maju Reforma Agraria (Damara) adalah keberadaan organisasi rakyat yang kuat. Hal ini disampaikan anggota Dewan Nasional KPA, Sofyan "Ubed" Ubaidi Anom dalam pelatihan Damara di Desa Cipangramatan, Badega, Kecamatan Cikajang, Garut, Sabtu, 27 Maret 2019.

Ubed menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Damara di Badega, setidaknya kita perlu untuk menguatkan keorganisasian dan kelembagaan Serikat Petani Badega (SPB), guna memastikan semangat kolektif dari perjuangan kita. Karna merupakan kelanjutan dari agenda pasca perjuangan hak atas tanah,” ucapnya.

Lebih lanjut Ubed menyampaikan perlu ada peningkatan kapasitas dan keterampilan pengolahan hasil produksi ekonomi lokal agar memiliki nilai lebih dan selaras dengan kebutuhan pasar.

Pengenalan dan pengembangan pertanian alami sebagai alternatif pertanian yang selaras dengan keberlanjutan ekologis. Serta penguatan ulang pengorganisasian produksi dan distribusi kolektif hasil pertanian organisasi,” ujarnya.

Rapat Akbar Desa Maju Reforma Agraria ini diselenggarakan KPA bersama SPB sebagai tindaklanjut inisiatif Damara di Badega.

Tahun 2016, Pemerintah Indonesia mengakui kembali tanah masyarakat Badega melalui redistribusi tanah. Pengakuan tersebut didapat setelah berjuang 33 tahun merebut kembali tanah mereka dari klaim perusahaan teh swasta.

Meski demikian, merebut tanah saja belumlah cukup. Perlu soliditas diantara para petani bagaimana memanfaatkan tanah dan membangun desa mereka. Perlu melakukan penataan lahan, penataan produksi dan tata distribusi yang lebih demokratis, adil, dan mensejahterakan.

Ada beberapa rencana agenda kerja yang disepakati dalam rapat akbar tersebut, antara lain; membangun Credit Union untuk membantu dan mencari solusi permodalan bagi usaha produksi pertanian petani, serta membangun akses pasar; mendirikan training centre untuk digunakan sebagai tempat pertemuan dan pelatihan-pelatihan mengenai Damara.(RAT)

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934