KPA, API dan STaB Buka Posko Bersama Banjir Bengkulu

admin

Bengkulu (kpa.or.id) - Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) bersama Aliansi Petani Indonesia (API) dan Serikat Tani Bengkulu (STaB) mendirikan posko besama korban banjir Bengkulu yang terjadi pada Jumat, 26 April 2019.

Pendirian posko ini dimaksudkan untuk membantu para korban banjir melalui distribusi kebutuhan harian, baik yang mengungsi di posko-posko pengungsian maupun yang mengungsi di rumah kerabatnya.

Hari Hartono, dari STaB yang merangkap kordinator posko bersama mengungkapkan para petugas posko datang langsung ke setiap RT untuk meminta data-data terkait jumlah warga yang terdampak banjir.

Setelah data-data tersebur terkumpul, bantuan langsung disalurkan ke kantor kepala desa untuk didistribusikan ke setiap RT dan posko-posko pengungsian yang ada.

Saat ini. jumlah pengungsi yang berada di posko-posko pengusian terdapat 29 KK, sisanya mengungsi di rumah-rumah kerabatnya,’’ ujar Hari.

Secara khusus, kita juga ingin memastikan seluruh anggota STaB selamat dari bencana banjir ini, dan bagi mereka yang menjadi korban kita ingin memastikan bantuan ini bisa diterima secepat mungkin. Agar mereka tidak terbengkalai di pengungsian,” Hari menjelaskan.

Sejak didirikan, posko bersama ini telah berhasil menyalurkan beberapa kebutuhan pokok berupa beras, sarden, gula, mie instan dan keperluan harian lainnya.

Sejauh ini, ada dua desa dan satu kelurahan yang menjadi fokus pendistribusian bantuan, yakni Desa Merigi, Desa Kelindang dan Kelurahan Rawa Makmur.

Desa Merigi dan Desa Kelindang, kondisinya masih buruk. Pasalnya, banjir yang terjadi beberapa waktu lalu tersebut juga disertai longsor, menyebabkan 4 orang hilang dan hingga kini masih dalam proses pencarian.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934