Petani STKS Kembangkan Potensi Pertanian Lokal

admin

Konawe Selatan (kpa.or.id) - Guna mewujudkan Desa Maju Reforma Agraria (Damara), organisasi/serikat tani harus mampu memahami potensi yang bisa dikembangkan sebagai inovasi lokal pertanian desa. Sehingga proses tata kuasa, tata guna, tata produksi hingga penataan distribusi dan konsumsi dapat dijalankan dengan baik. Hal ini disampaikan Anggota Dewan Nasional KPA, Ubed Anom dalam “Rapat Akbar dan Pelatihan Desa Maju Reforma Agraria” di Desa Marga Cinta, dari tanggal 11 – 14 Mei 2019, salah satu ranting Serikat Tani Konawe Selatan (STKS).

Senada yang disampaikan Ubed, Kepala Desa Marga Cinta, Usep Hendrawan menyampaikan peluang-peluang yang bisa dikerjasamakan antara pemerintahan desa dengan STKS ranting Marga Cinta. Misalnya dukungan politik anggaran terkait dengan tata produksi pertanian dan pemetaan partisipatif dengan pendekaan pemetaan desa.

Itu mempunyai tujuan untuk mengetahui lokasi konflik agraria dan potensi kekayaan agraria yang bisa didukung oleh pemerintahan desa,” ujarnya.

Selaku kepala desa, Usep mempunyai komitmen menjembatani pasar untuk produksi pertanian yang dibudidayakan petani STKS. Serta berkomitmen mewujudkan Damara, salah satunya adalah dalam bentuk BUMDes.

Koordinator KPA Sulawesi Tenggara, Torop Rudendi menegaskan jika Desa Marga Cinta akan dijadikan desa percontohan Damara di Sultra.

“Ke depan, kita ingin Damara bisa dijalankan di ranting-ranting STKS lainnya dan jika memungkinkan bisa terwujud di wilayah-wilayah lain di Sultra,” tegas Torop.

Ia juga menguraikan, selain dukungan dari pemerintah desa, pentingnya memperkuat konsolidasi di tingkat organisasi lokal. Karena organisasi rakyat di tingkat lokal merupakan kunci utama dari pelaksanaan Damara tersebut.

Saat ini, pertanian organik menjadi salah satu fokus STKS dalam konteks penataan produksi pertanian.

Hal itu dapat dilihat dari keinginan warga menginiasi pelatihan untuk 10 orang pemuda yang nantinya akan disiapkan menjadi fasilitator pertanian organik di desa Marga Cinta.

Guna menunjang kebutuhan rencana tersebut, STKS akan membentuk bank benih. Potensi lain dari Desa Marga Cinta adalah budidaya ikan air tawar yang juga bisa dikembangkan oleh warga.

Pelatihan selama tiga hari tersebut untuk memberikan pengayaan mengenai Damara kepada warga desa. Sejak hari pertama, ratusan anggota organisasi terlihat antusias mengikuti pelatihan ini. Hadir juga Ketua STKS, Ujang Uskandiyana.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934