KPA Sultra Serukan Persatuan Gerakan Rakyat untuk Perjuangan Reforma Agraria

admin

Kendari (kpa.or.id) – Seluruh elemen gerakan sosial di Sulawesi Tenggara harus bersatu mendorong percepatan pelaksanaan reforma agraria. Seruan tersebut disampaikan Kordinator KPA Wilayah Sulawesi Tenggara, Torop Rudendi dalam diskusi bertajuk “Gerakan Reforma Agraria dan Tantangan RUU Pertanahan” dalam rangka menuju peringatan 59 Tahun UUPA 1960 dan Hari Tani Nasional 2019 (HTN 2019), Rabu, 24 Juli 2019 di Sekretariat KPA Wilayah Sultra, Kendari.

Selain itu, diskusi ini juga merupakan bagian dari Rapat Konsolidasi Wilayah (Rakonwil) KPA Sultra bersama seluruh anggota organisasi yang diselenggarakan pada hari yang sama. Agenda tahunan tersebut merupakan wadah konsolidasi seluruh anggota KPA di Sultra guna membahas perkembangan dan tantangan perjuangan reforma agraria ke depan.

Salah satu yang menjadi perhatian ialah perluasan jaringan strategis dan taktis dengan berbagai elemen gerakan sosial, mahasiswa dan media massa. Kebutuhan tersebut sangat mendesak mengingat tantangan gerakan reforma agraria dewasa ini.

Semua elemen gerakan sosial harus terlibat dalam mendorong percepatan pelaksanaan RA di Sultra. Sudah semestinya kita memiliki pandangan yang sama terhadap gerakan reforma agraria guna menaja jalan menuju keadilan agraria dan tidak lagi terjebak dalam pragmatisme gerakan.” Torop menegaskan.

Beberapa upaya yang telah dilakukan KPA Sultra sejauh ini ialah mendorong dan terus mengawal data usulan masyarakat di tingkatan pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota. Guna mengawal hal tersebut, KPA Sultra bersama Walhi Sultra dan Teras turut terlibat ke dalam Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).

Terakhir, KPA Sultra juga menginisiasi pembentukan Serikat Tani Kontu Munawa di Kabupaten Muna, untuk memperkuat gerakan RA di wilayah ini.

Memperkuat Organisasi dan Kader Reforma Agraria

Selain perluasan jaringan, kebutuhan mendesak lainnya ialah penguatan serikat dan organisasi tani anggota KPA di Sultra.

Diantaranya pengembangan Desa Maju Reforma Agraria (Damara) di Desa Marga Cinta, Kabupaten Konawe Selatan dan penyelesaian konflik agraria di wilayah Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) usulan KPA.

Sebab itu, KPA Wilayah Sultra akan menyelenggarakan pendidikan kader refoma agraria pada bulan Oktober 2019 nanti. Harapannya, pendidikan ini mampu melahirkan kader-kader potensial di tingkat wilayah dan desa.

Saat ini, petani anggota KPA di Desa Marga Cinta tengah membangun Bank Benih sebagai tempat pemuliaan dan pelestarian benih-benih lokal yang dimiliki setiap desa. Selain itu, bank benih juga mempunyai semangat untuk menyelamatkan para petani dari jebakan perusahaan-perusahaan benih global seperti monsanto dan syngenta.

Agenda lainnya, saat ini KPA Wilayah Sultra juga tengah melakukan penolakan terhadap aktivitas PT. Sari Asri Rejeki Indonesia di Kabupaten Kolaka Timur. Perusahaan sawit tersebut diduga melakukan pengusahaan secara ilegal karna tidak mampu menunjukkan HGU mereka.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934