Serikat Tani Indramayu Selenggarakan Pelatihan untuk Pimpinan Basis

admin

Indramayu (kpa.or.id) - Serikat Tani Indramayu (STI) menyelenggarakan Pelatihan Pimpinan Basis untuk Ketua Organisasi Tani Lokal (OTL) se-Indramayu pada 27-28 Juni 2020 . Pelatihan ini dilaksanakan untuk para pimpinan OTL yang baru saja menjabat sebagai ketua atau belum pernah mengikuti pelatihan.

Sejak berdiri pada 2012, salah satu serikat tani anggota KPA ini terus berkembang dalam rangka perjuangan hak atas tanah di Indonesia, khususnya di Indramayu. Saat ini, STI memiliki 28 OTL yang tersebar di beberapa kecamatan.  Petani STI terdiri dari 722 Rumah Tangga Petani (RTP) menduduki dan menggarap tanah seluas 2181,14 hektar di 8 desa dan 4 kecamatan di Kabupaten Indramayu. Para petani saat ini masih berkonflik dengan Perum Perhutani, yang mangklaim tanah-tanah mereka sebagai kawasan hutan. Padahal, tanah-tanah tersebut sudah merupakan perkampungan dan sawah.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dimanfaatkan oleh pengurus organisasi untuk menanamkan rasa kecintaan kader terhadap organisasi dan perjuangan reforma agraria melalui materi-materi yang disampaikan oleh pembicara, salah satunya Sekjend KPA, Dewi Kartika. Pelatihan ini juga dihadiri oleh jaringan gerakan buruh dan mahasiswa, di antaranya KPBI, Konfederasi KASBI dan LMND-DN yang secara langsung datang dari Jakarta.

“Pelatihan ini menjadi penting karena sebuah organisasi rakyat harus ada bobot keilmuannya. Para kader harus bisa mengikuti setiap perkembangan isu-isu yang berkaitan dengan agraria. Selain itu karena dilapangan ada hal-hal yang harus diselesaikan dengan terstruktur dan masif. Para perserta dari masing-masing basis ini akan dibekali keahilian manajemen, baik dari segi gerakan maupun perekonomiannya”, ujar Jahid, Sekjend STI.

Senada dengan Jahid, Asep Maulana Sekjen STI periode sebelumnya mengungkapkan “Kaderisasi kepemimpinan di STI menjadi sangat penting karena STI tidak hanya akan berjalan selama satu atau dua tahun lagi melainkan akan terus berlanjut bahkan sampai anak cucu nanti untuk memperjuangkan tanah-tanah yang saat ini digarap.

Selain pelatihan  pimpinan basis,  kami juga rutin melaksanakan rapat bulanan ditinggatan basis. Dengan begitu kita berharap kedepannya ada pemuda-pemuda yang dapat terus melanjukan perjuangan orangtuanya.”, lanjut Asep.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934