Kongres ke-5 Serikat Tani Indramayu, Petani Siap Memimpin dan Dipimpin

admin

Indramayu (kpa.or.id) - Serikat Tani Indramayu (STI) mengadakan Kongres ke-5 pada 28 Februari 2021. Kongres tersebut diadakan di Desa Mekarjaya, Indramayu. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan tersebut ialah, Siap Memimpin dan Siap Dipimpin.

Abdul Rojak, selaku perwakilan pimpinan kolektif STI mengatakan, saat ini STI perlu memikirkan inovasi pertanian untuk pengembangan ekonomi kreatif di basis-basis. “Sehingga tidak hanya disibukan dengan persoalan internal,” ujarnya.

Besar harapannya, pasca kongres ini seluruh anggota dan pengurus STI siap memimpin dan siap dipimpin.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Konsorsium Pembaruan Agaria (KPA), Dewi Kartika, yang turut hadir dalam kongres tersebut, mengapresiasi STI dalam inovasi pertanian untuk pengembangan ekonomi.

Baginya, yang terpenting STI harus terus memperkuat Gerakan Solidaritas Lumbung Agraria (GeSLA). Sebab, menurutnya, rakyat bantu rakyat dalam menghadapi dampak Pandemi Covid-19 telah berjalan dengan baik. “Sehingga penting untuk terus mengembangkan prinsip perjuangan sesama rakyat untuk penguatan organisasi,” kata Dewi.

Dewi menambahkan, rencana membangun rice mill di STI juga harus terus dikawal dalam rangka menguatkan ekonomi anggota STI. "Begitu juga inovasi pertanian kreatif yang saat ini sedang dikembangkan oleh STI," imbuhnya.

Selain itu, Dewi juga kembali menyampaikan mengenai progres advokasi Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA), yang saat ini sedang dibahas di meja-meja Kementerian/Lembaga. Agenda ini merupakan tindak lanjut pasca pertemuan KPA dengan Presiden November dan Desember 2020. Menurut Dewi, agenda penyelesaian konflik agraria dan redistribusi tanah harus terus didorong oleh KPA. “Khususnya yang berkonflik dengan perusahaan negara, PT Perkebunan Nusantara (PTPN), dan Perum Perhutani,” tuturnya.

Terlebih lagi, Dewi mengharapkan, advokasi LPRA juga perlu dikawal oleh STI dan terus mengingatkan pemerintah daerah untuk agenda reforma agraria.

Setelah itu, pada kesempatan ini dilaksanakan beberapa sidang dan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus pimpinan kolektif oleh Sekjen KPA. Abdul Rojak kembali terpilih menjadi pimpinan kolektif STI.

Dalam hal ini, kongres STI dapat menjadi momentum untuk semakin menguatkan organisasi dalam mengahadapi tantangan ke depan.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934