Rapat GRA Lumajang, Organisasi Tani Dituntut untuk Terus Mengkonsolidasikan Diri

admin

Lumajang (kpa.or.id) – Setelah Jember, Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) menyelenggarakan Rapat Akbar Gerakan Reforma Agraria (GRA) Jawa Timur bersama Serikat Petani Lujamang (SPL) di Desa Sumberluwu, Lumajang, Jum’at, 26 Februari 2021. Konsolidasi ini dihadiri 400 anggota SPL dan Rumpun Tani Sidorejo.

Dewi Kartika, Sekertaris Jendral KPA, turut hadir dalam rapat akbar tersebut. Dalam pidatonya, ia menyampaikan, situasi nasional dan progres advokasi Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) di Kementerian/Lembaga pasca pertemuan dengan Presiden.

Ia mengatakan hal demikian sebab, SPL banyak berkonflik dengan Perum Perhutani. Ia mencontohkan, banyak petani yang dituduh sebagai perusak dan perambah hutan. Padahal menurut Dewi, lokasi tersebut sudah diduduki dan menjadi pemukiman petani. Namun, masalahnya masih tumpang tindih dengan klaim Perum Perhutani.

Dewi juga menyampaikan kepada petani, mengenai pertemuan pada 23 November dan 3 Desember 2020 dengan Presiden. Dalam pertemuan tersebut, ia menyampaikan kepada Presiden soal tindakan represif yang dilakukan aparat keamanan kepada petani. “Kapolri dan Panglima TNI juga diundang pada pertemuan tersebut,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Dewi, Presiden Jokowi telah berjanji untuk melaksanakan penyelesaian konflik di wilayah-wilayah LPRA yang berkonflik dengan perusahaan negara, sepeti PTPN dan Perhutani. “Karena, fakta di lapangan, banyak tanah-tanah yang tidak dimanfaatkan atau diterlantarkan oleh PTPN dan Perhutani,” tuturnya.

Terakhir, ia menegaskan, perlu ada rapat internal di OTL untuk membahas kelengkapan data. “Perjuangan reforma agraria harus menjadi ikhtiar bersama, tidak ada jaminan perjuangan ini akan selesai dengan mudah dan cepat,” pungkasnya.

Menganggapi hal tersebut, Muhammad Izudin, Kordinator Wilayah KPA Jawa Timur, menyampaikan, konsolidasi data subjek dan objek penting dilakukan dalam rangka melengkapi data LPRA, sebagai basis informasi dan alat advokasi yang diusulkan SPL.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934