Konsolidasi Perempuan Petani Serdang Bedagai di Tanah Reklaiming

admin

Serdang Bedagai (kpa.or.id) - Serikat Petani Serdang Bedagai (SPSB) menyelenggarakan konsolidasi dan peningkatan kapasitas perempuan petani di tanah reklaiming Kelompok Tani Mandiri Dolok Merawan (KTKM DM) yang terletak di Desa Bahdamar, Kecamatan Dolok Merawan, Serdang Bedagai, Sumatra Utara, Kamis, 14 Oktober 2021.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk terus memperkuat organisasi dalam perjuangan reforma agraria. Apalagi SPSB dan Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) baru saja menyelenggarakan kongres dan Munas pada September yang lalu. Salah satu mandat Munas KPA, sebagai induk organisasi dari SPSB menegaskan kepada seluruh anggota untuk terus memperkokoh garis perjuangan. 

Suhariawan, salah satu pengurus SPSB mengatakan hal tersebut perlu dilakukan. “Pasca-Munas KPA dan kongres SPSB di bulan September, kami merasa perlu penguatan dan peningkatan kapasitas anggota dalam gerakan reforma agraria,” ujar Suhariawan.

Terlebih lagi KTKM DM sendiri sudah berjuang mempertahankan hak atas tanah mereka sejak 1999 yang berkonflik dengan PT Perkebunan Negara 4 Dolok Hilir.

Suhariawan juga mengatakan alasan melakukan konsolidasi dan peningkatan kapasitas untuk perempuan petani. Sebab, selama ini mereka yang berkontribusi besar dalam mempertahankan tanah reklaiming yang dikuasai.

Beberapa kesepakatan yang dilahirkan dari pertemuan tersebut diantaranya; 1) perlunya penguatan organisasi dan memperkokoh kelompok perempuan petani dalam perjuangan reforma agraria; 2) pengembangan ekonomi kreatif untuk perempuan pejuang reforma agraria yang disinergikan dengan kerja-kerja SPSB dan KPA; 3) sinergi program serikat dengan perempuan petani terkait pendidikan dan pelatihan reforma agraria, credit union petani, akupuntur, dan tanaman pengobatan herbal; dan 4) menentukan tanah kolektif yang akan menjadi sentral perjuangan reforma agraria.

Suhariawan berharap nantinya konsolidasi, penguatan, dan peningkatan kapasitas bisa dilakukan keseluruh anggota SPSB. Ia juga menambahkan sehari setelah melakukan konsolidasi dan peningkatan kapasitas perempuan petani di KTKM DM, SPSB juga melakukan konsolidasi bersama anggota untuk melakukan pelatihan pengembangan pertanian organik untuk anggota.

“Supaya api perjuangan tetap membara,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934