Pemetaan LPRA Gunung Anten: Menuju Penyelesaian Konflik Agraria Lebak

admin

Lebak (kpa.or.id) - Penyelesaian konflik tanah garapan anggota Pergerakan Petani Banten (P2B) di Desa Gunung Anten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten semakin menemui titik terang. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya pengambilan Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR) oleh Kantor Pertanahan Lebak yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Gunung Anten, Rabu, 3 November 2021.

Pemetaan ini merupakan upaya tindak lanjut penyelesaian konflik dan redistribusi tanah salah satu Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) di Lebak. Sebelumnya, Kantah BPN Lebak telah mengeluarkan surat IP.02.02/1145-36.02/X/2021 yang menyatakan bahwa pemetaan tersebut akan dilaksanakan mulai dari tanggal 27 Oktober hingga 9 November 2021.

Kegiatan yang bertempat di Sekretariat P2B tersebut guna melakukan pemeriksaan (survey) terhadap tanah garapan usulan petani P2B. Tanah garapan tersebut saat ini tengah berkonflik dengan PT. Bantan Preanger. Namun sayangnya pihak perusahaan tidak menghadiri kegiatan pemetaan ini.

Ketua P2B, Abay Haetami menyayangkan hal tersebut, baginya kehadiran pihak perusahaan sangat penting agar bisa bersama-sama menyaksikan hasil pemetaan yang sedang dilakukan. Di sisi lain, ia mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Kantah BPN Lebak.

“Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kantah BPN Lebak Banten agar dapat tergambar kondisi lapangan dan bisa dijadikan inventarisasi data tanah yang digarap oleh petani anggota P2B untuk diredistribusikan pada anggota pengusul LPRA,” jelas Abay.

“Kami pun menginginkan adanya ketegasan pihak ATR/BPN dalam finalisasi data pemetaan lapangan dan jika hasil dari verifikasi tersebut membuktikan bahwa perusahaan perkebunan ditemukan bersalah karena tidak menggarap lahan maka data usulan tersebut harus dibatalkan dan diberikan kepada petani yang menggarap lahan tersebut”, Abay menegaskan.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934