KPA Ajak Serikat Pemuda NTT Terlibat Aktif Dalam Penyelesaian Konflik Agraria

admin

Jakarta (kpa.or.id) - Sekretaris Jendral Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Dewi Kartika mengajak generasi muda Nusa Tenggara Timur agar lebih terlibat aktif dalam pendampingan dan upaya penyelesaian konflik agraria di Negeri Seribu Bukit tersebut.

Ajakan ini disampaikan dalam seminar yang dihelat oleh Serikat Pemuda Nusa Tenggara Timur (SPNTT), Kamis, 4 November 20201 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Seminar bertajuk “Investasi dan Konflik Agraria, Rakyat Bisa Apa?” ini merupakan rangkaian kegiatan dari Musyawarah Besar SP NTT ke-1 yang akan diseleggarapan pada 5-7 November 2021.

Topik ini diusung mengingat konflik agraria yang semakin luas karena maraknya investasi yang mengkapling tanah-tanah di Provinsi NTT.

Seminar ini juga mengundang Surya Tjandra (Wakil Menteri ATR/BPN), Roman N. Lendong (Komisioner KIP), Marsianus (Kepala Dinas BKPM NTT), Ferdy Hasiman (Peneliti ARD), dan Rully Syumandha (pengamat lingkungan).

Pada kesempatan ini, Dewi juga menyampaikan situasi konflik agraria di Indonesia, khususnya NTT dan gagasan-gagasan reforma agraria sejati yang selama ini diperjuangkan oleh KPA.

“Nusa Tenggara Timur tidak lepas dari konflik agraria setelah ditetapkannya NTT sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau Proyek Bali Baru dimana proyek ini akan menimbulkan perampasan tanah dan kerusakan ekosistem di Pulau Komodo,” jelas Dewi.

Dikutip dari Catatan Akhir Tahun KPA, terjadi kenaikan letusan konflik agraria yang sangat siginifikan di NTT dalam dua tahun terakhir. Tahun 2019, tercatat 8 kali letusan konflik dan naik menjadi 16 letusan konflik pada tahun 2020. Ironisnya, kenaikan tersebut justru terjadi di tengah-tengah masa pandemi yang melanda Indonesia dan dunia sejak Maret 2020.

Dewi juga memovitasi Serikat Pemuda NTT untuk terus memperbanyak diskusi terkait reforma agraria sejati dan dapat mengabdikan diri untuk mendampingi masyarakat lokal yang sedang dihantui bahaya laten dari investasi yang tidak berpihak kepada petani, nelayan dan masyarakat adat.

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934