KPA Menjadi Tuan Rumah Global Land Forum 2018

Jakarta (kpa.or.id)  – Konsorsium Pembaruan Agraria KPA bersama perwakilan International Land Coalition (ILC) hari ini, Kamis (21/7) melakukan kunjungan ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam rangka membicarakan persiapan pertemuan the Global Land Forum (GLF) yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.
 
KPA dalam kunjungan ini diwakili oleh Sekjend KPA Iwan Nurdin, Wasekjend KPA Dewi Kartika, dan beberapa staf Seknas KPA. Turut hadir Direktur ILC Global Secretariat Michael Taylor dan beberapa perwakilan ILC Asia. Sementara dari pihak pemerintah dihadiri oleh perwakilan dari Kantor Staf Presiden (KSP), Kementrian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementrian Desa dan Komnas HAM.
 
Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah GLF yang akan diadakan pada tahun 2018 atas mandat pertemuan GLF sebelumnya di Dakar, Senegal pada tahun 2015 yang lalu. KPA sebagai salah satu anggota koalisi ILC di Indonesia dan Asia diberikan tanggung jawab menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan tersebut.
 
Noor Fauzi Rachman dari KSP dalam pertemuan siang ini mengatakan “ini adalah momentum yang baik untuk menunjukkan Indonesia ke dunia internasional terutama persoalan keadilan agraria”.
 
Pada kesempatan lain, Wasekjend KPA Dewi Kartika menambahkan “pertemuan ini merupakan kesempatan bagi teman-teman dari luar Indonesia untuk mengetahui sejauh mana implementasi kebijakan pemerintah Indonesia di sektor agraria di tanah air”.
 
ILC merupakan sebuah wadah koalisi internasional organisasi masyarakat sipil global dan organisasi antar-pemerintah yang bekerja bersama-sama dalam upaya menghapus kelaparan dan kemiskinan masyarakat global dengan jalan memastikan hak-hak atas kepemilikan sumber agraria seperti tanah dan air. ILC didirikan di Brussel,  Belgia pada tahun 1995 dan terus berkembang hingga sekarang dengan beranggotakan lebih dari 207 anggota organisasi yang berasal lebih dari 64 Negara. KPA sendiri secara resmi bergabung menjadi anggota koalisi ILC sejak tahun 2003.
 
GLF adalah sebuah forum pertemuan yang membahas persoalan-persoalan agraria baik di tingkat lokal maupun global terutama ketimpangan penguasaan tanah. Pertemuan ini akan dihadiri oleh sedikitnya 700 peserta organisasi akar rumput baik lokal maupun internasional, para peneliti, organisasi multilateral dan badan pemerintahan yang berasal dari 80 Negara di berbagai belahan dunia.
 
Pertemuan nanti adalah pertemuan ke-6 GLF yang sebelumnya telah diselenggarakan di  berbagai Negara, yakni; Uganda (2007), Nepal (2009), Albania (2011), Guatemala (2013), dan terakhir pertemuan Dakar, Senegal (2015).

Berita Lainnya

Liputan Khusus

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934