GeSLA Atasi Covid-19: Donasi Pangan dari Petani Banten untuk Komunitas Buruh dan Kelompok Rentan Perkotaan

admin

Jakarta (kpa.or.id) Pergerakan Petani Banten (P2B) mendistribusikan donasi pangan dari masing-masing anggota mereka ke Sekretariat Nasional KPA, Senin, 20 April 2020. Donasi ini langsung diserahkan Ketua P2B, Abay Haetami yang diterima langsung oleh Sekjen KPA, Dewi Kartika, bersama pengelola Lumbung Agraria, Rudi Casrudi.

P2B, merupakan salah satu organisasi anggota KPA di Banten selama satu minggu terakhir telah melakukan musyawarah dan mobilisasi dukungan pangan dari setiap anggota mereka untuk kemudian diberikan kepada jaringan dan komunitas di perkotaan, salah satunya Jabodetabek.

Donasi pangan ini sebagai respon dan solidaritas kami, para petani kepada saudara-saudara di perkotaan yang saat ini menghadapi krisis akibat Covid-19, seperti kawan-kawan buruh dan komunitas rentan di perkotaan”’ ujar Abay.

Apalagi selama ini, baik kita di petani dan teman-teman buruh sudah sering berjuang bersama, baik itu di peringatan Mayday maupun Hari Tani Nasional,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekjen KPA, Dewi Kartika sudah menyerukan melalui surat edaran kepada masing-masing anggota KPA untuk mengamankan stok panen, lumbung pangan dan mencegah penyebaran corona ke desa-desa. Ia juga menghimbau kepada anggota yang punya kelebihan stok pangan untuk menyisihkan dan mendonasikannya kepada komunitas yang membutuhkan di wilayah perkotaan yang terkena langsung imbas dari corona.

Kita butuh gotong royong, semua pihak, utamanya para petani untuk bersolidaritas menghadapi krisis pangan yang tengah dihadapi.oleh masyarakat di banyak tempat yang tidak beruntung. Tidak mempunyai lumbung pangan, lumbung agraria. Apakah di komunitas nelayan, buruh, pekerja informal yang pada saat ini sebagiannya sudah ada yang rumahkan, di PHK, akibat karantinaa wilayah yang sudah ditetapkan di masing-masing kota,” tegasnya.

Dewi juga menambahkan bahwa situasi ini menunjukkan reforma agraria dan tanah untuk rakyat menjadi suatu keharusan untuk dijalankan. Karna pada akhirnya kita membutuhkan pangan yang sehat dan memadai untuk memenuhi kebutuhan manusia di Indonesia, terutama dalam menghadapi pandemi ini,” tutup Dewi.

Donasi pangan dari P2B ini terdiri dari 300 Kg beras dan 500 Kg pisang. Nantinya akan didistribusikan kepada beberapa komunitas di Jakarta, komunitas Ciliwung Merdeka, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan komunitas disabilitas.

Donasi ini merupakan gelombang kedua setelah sebelumnya solidaritas pangan Serikat Petani Pasundan (SPP) yang  telah didistribusikan melalui Lumbung Agraria kepada beberapa komunitas di Jakarta dan Bandung.

 

Berita Lainnya

Liputan Khusus

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934