ARAS Hari Ke-3: Politik Hukum dan Kebijakan Agraria di Indonesia

admin

Jakarta (kpa.or.id) – Dua hari penuh, para peserta Akademi Reforma Agraria Sejati (ARAS) mengikuti dan mendalami perdebatan agraria dari klasik hingga kontemporer bersama para dewan guru dan pengajar.

Hari ke-3 ini, pendidikan berlanjut dengan membahasa sejarah dan dinamika “Politik Hukum dan Kebijakan Agraria di Indonesia”. Materi ini dibagi ke dalam dua sesi, pertama, membahas masa kolonial atau pra kemerdekaan, sementara sesi kedua dilanjutkan dengan sejarah dan dinamika pasca kemerdekaan.

Sesi pertama, para peserta mengikuti materi bersama Ketua Dewan Guru ARAS yang juga merupakan Majelis Pakar KPA, Boedhi Widjarjo.

Dalam pemaparannya selama kurang lebih dua jam, beliau menyinggung soal kemauan politik negara di sektor agraria yang selalu menggunakan kekuasaan untuk mengeksklusi (enclosure) warga dari tanahnya.

Selesai sesi ini, para peserta melanjutkan materi dengan Maria Rita Roewiastoesti. Dalam satu momen, ia melempar pandangan mengenai UUPA yang masing memiliki sisi ketidakadilan. Hal ini sontak memancing diskusi dan perdebatan yang panas di antara para peserta.

Materi ini berlangsung selama dua jam penuh, dan dilanjutkan dengan diskusi dan review materi pada malam harinya bersama Sekjen KPA dan Dewan Guru 

Berita Lainnya

Liputan Khusus

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934