Masyarakat Kendeng Aksi Berjalan Kaki Menyambut Putusan Pengadilan Tepat pada tengah malam tadi, massa pejalan kaki sampai di Semarang untuk menghadiri Putusan

Tepat pada tengah malam tadi, massa pejalan kaki sampai di Semarang untuk menghadiri Putusan sidang PTUN gugatan warga Kecamatan Kayen dan Tambakromo setelah melalui 27 kali persidangan sejak tanggal 15 Mei 2014 atas pemberian izin lingkungan kepada PT SMS (anak perusahaan PT Indocement) dengan luas wilayah 2868 Ha di dua kecamatan tersebut untuk keperluan industri semen. Massa pejalan kaki berasal dari daerah Sukolilo, Kayen, Tambakromo, Pati, Rembang, Blora, Grobogan, Kudus, dan sekitarnya yang tergabung dalam JMPPK (Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng). Mereka berjalan kaki dengan jarak tempuh lebih dari 100 km antara Pati hingga Semarang.
 
Gugatan terpaksa dilakukan warga sebagai upaya penyelamatan kelestarian Pegunungan Kendeng setelah kegagalan berbagai upaya mediasi untuk tidak dikeluarkannya izin lingkungan.
 
Pegunungan Kendeng yang terbentang luas dan panjang mulai Kabupaten Tuban, Rembang, Grobogan, Pati, dan Kudus, telah beribu tahun menghidupi masyarakat melalui pasokan airnya untuk pertanian dan kebutuhan air bersih. Saat ini sedang darurat karena eksploitasi industri semen yang mengancam kelestariannya.
 
Tanpa air, mustahil masyarakat hidup. Dan keberadaan air inilah yang terancam. Pegunungan Kendeng adalah pegunungan karst, di mana karakteristik pegunungan karst adalah sebagai reservoir air. Di samping itu, banyak terdapat situs-situs budaya dan sejarah yang wajib dilestarikan guna menjamin kesinambungan kehidupan masa kini dan masa depan.
 
Kelestarian Pegunungan Kendeng berarti menyelamatkan ribuan jiwa untuk tetap mendapat air bersih sebagai kebutuhan hidup, menyelamatkan ribuan hektar sawah sebagai mata pencaharian petani sebagai lumbung padi untuk mencukupi keberlangsungan hidup anak-cucu.

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934