Bentrok Kembali Terjadi Diatas Tanah Konflik Muara Enim

Diawali dengan konflik agraria yang tak kunjung usai penyelesaiannya antara Petani Pagar dewa dan Sumber Mulya Sumatera Selatan dengan PTPN VII Beringin. Penangkapan dan penganiayaan Rismaludin (PETANI) Kabupaten Muara Enim, Kecamatan Lubay, desa Pagar Dewa Sumatera Selatan”
 
Cerita Singkat sejarah konflik : Konflik bermula ketika PTPN VII beringin(karet) masuk ke Desa Pagar Dewa dan Sumber Mulya tahun 1983, memaksa petani menyerahkan tanahnya dengan berbagai cara, dengan cara halus berkedok penipuan dan dengan cara kasar dengan perampasan secara paksa.
 
Konflik yang sudah berkepanjangan dan sudah diadukan ke pemerintahan Pusat, Propinsi dan Kabupaten tapi tak juga ada penyelesaiaan dengan mengembalikan lahan masyarakat yang luas 1.414ha diclaim oleh perusahaan yang tidak bisa memperlihatkan HGU nya kepada masyarakat dengan 700KK di dua desa.
 
Dengan dasar mengelola Padi dan Palawija terlebih dahulu di tahun 1974 dibanding perusahaan (1983) dan pemakaman leluhur serta masyarakat setempat, maka dengan tidak adanya penyelesaiaan yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat mereklaiming lahan tersebut bulan desember ditahun 2012, kemudian ke dua petani ditangkap dengan tuduhan merusak kebun perusahaan dan penjara selama 2 tahun, kemudian lahan kembali dikuasai oleh perusahaan.
Tahun 2014, ketika kedua pimpinan masa ini bebas dari tahanan, dan tidak juga perusahaan mengembalikan lahan serta tidak ada upaya pemerintah meyelesaikan persoalan lahan, maka pada tanggal 4 Agustus 2015, masyarakat kembali turun ke lahan untuk mereklaiming kembali, di saat reklaiming inilah terjadi tindakan penganiayaan oleh preman/security perusahaan.
 
Tindakan tersebut adalah upaya perusahaan untuk mengintimidasi rakyat Muara Enim agar rakyat tidak melakukan perlawanan terhadap kesewenang-wenngan yang dilakukan oleh perusahaan. Negara harus hadir untuk melindungi rakyat dan segera menyelesaikan konflik yang berlangsung sejak tiga puluh tahun yang lalu ini.

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934