Bebaskan dan Bersihkan Nama Baik Asyani!

FARMACI/Ciamis: Pada 19 Maret 2015 Forum Aspirasi Rakyat dan Mahasiswa Ciamis (FARMACI ) menggelar aksi solidaritas untuk nenek Asyani warga Situbondo, Jawa Timur. Mereka melakukan longmarch dari depan Universitas Galuh, Ciamis menuju kantor Perum Perhutani KPH Kabupaten Ciamis dan dilanjutkan ke DPRD Kabupaten Ciamis. Menurut Mahasiswa Ciamis kasus yang menimpa nenek Asyani adalah bukti bahwa keadilan di negara Indonesia sudah hilang. Hukum di Indonesia tumpul ke atas dan tajam ke bawah.
 
Dalam aksi tersebut FARMACI meminta untuk tidak ada lagi kriminalisasi terhadap petani dan masyarakat lokal di kawasan hutan. Seharusnya UU No.18 /2013 dijalankan untuk mengganjar perusahan-perusahaan besar yang telah melakukan perambahan hutan. Pasal 11 ayat 3 dalam UU tersebut megaskan bahwa, ada pengecualian terhadap masyarakat lokal dan tradisional yang tinggal di sekitar kawasan hutan, mereka memiliki hak atas pemanfaatan hutan.
 
Aksi ini mendapat dukungan dari DPRD Kabupaten Ciamis yang melakukan aksi solidaritas untuk nenek Asyani. “Kita hanya bisa berharap dan berdo’a supaya nenek Asyani tegar, sehat, dan cepat di bebaskan”, ucap salah satu anggota komisi III. (GS)

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934