KPA Sulteng dan Jaringan Tuntut Pembatalan HGU PT SPN di Morowali Utara

Ridwan Akbar Tanjung

Morowali Utara (kpa.or.id) - KPA Sulawesi Tengah menuntut pembatalan HGU PT. Perkebunan Sinergi Nusantara (SPN) yang dulunya merupakan PTPN XIV yang berada di Desa Lee, Kecamatan Mori Atas, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Hal ini diungkapkan saat mendampingi Kepala Desa Lee bersama HIMASOS UNTAD dan pengacara guna menghadiri sidang gugatan warga. Mereka mengajukan gugatan karena geram dengan klaim sepihak perusahaan. Warga merasa tidak pernah menyerahkan tanah mereka untuk penerbitan HGU PTPN XIV.

Menurut pengakuan warga, pada 1999 silam BPN Kabupaten Poso pernah mendatangai Desa Lee, namun kedatangan tersebut guna mengajak warga menentukan batas wilayah desa dengan kawasan hutan, bukan untuk penerbitan HGU PTPN XIV. Namun tiba-tiba keluarlah HGU perusahaan milik negara tersebut seluas 1.895 hektar dan termasuk didalamnya Desa Lee.

Usut punya usut, ternyata tanah yang dimohonkan PTPN XIV tersebut sebagiannya berada di Desa Lee. Padahal Desa Lee telah berdiri sejak lama, bahkan sudah dilengkapi dengan beberapa infrastruktur desa seperti tiang listrik.

Sejak saat itu, perusahaan melakukan penggusuran-penggusuran yang mengakibatkan kerugian di pihak warga. Kebun dan pemakaman umum desa tidak luput dari penggusuran, bahkan telah mendekati sumber mata air desa.

Dalam tanggapannya, Noval Apek Saputra selaku Kordinator KPA Wilayah Sulawesi Tengah menegaskan tidak adanya transparansi dalam pendataan tanah. Tidak ada keberpihakan dari pemerintah terhadap warga yang sudah jelas-jelas memiliki tanah tersebut.

Kita bersama jaringan mendukung sepenuhnya perjuangan warga Desa Lee dan menuntut pemerintah segera membatalkan HGU tersebut,” tegas Noval.

Warga telah melayangkan protes kepada BPN Poso sejak 12 Desember 2014 dan menuntut BPN mengeluarkan desa mereka dari HGU perusahaan. Selain Desa Lee, dua desa lainnya yakni Desa Kasingoli dan Desa Gontara juga termasuk dalam klaim HGU di atas. (RAT)

 

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934