Pemerintah Akan Laksanakan Redistribusi Tanah Desa Punggelan Bulan Desember

Banjarnegara (kpa.or.id) – Ketua Himpunan Petani dan Masyarakat Banjarnegara (Hitambara), Sarkim, meminta pemerintah segera melaksanakan redistribusi tanah di Desa Punggelan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara yang sudah digarap dan kuasai petani sejak 1986.

Hal ini disampaikan dalam kunjungan Dirjen Penanganan Masalah Agraria, Pemanfaatan Ruang dan Tanah Kementerian ATR/BPN, Agus Wijayanto ditemani Kakanwil BPN Jawa Tengah dan Kakantah Banjarnegara ke Desa Punggelan, Rabu, 6 November 2019.

“Sudah dari tahun 1986 kami menggarap tanah ini. Kami tanami Ketela dan Albasiah. Tapi perusahaan datang mencaplok tanah. Sejak saat itu kami terus memperjuangkan hak kami” Tutur Sarkim.

“Kami meminta agar pemerintah segera memberikan hak kami sebelum 25 Desember. Data-data dan dokumen sudah kami siapkan, termasuk juga peta yang kami buat secara partisipatif.” Sambung Sarkim.

Kunjungan ini sehubungan persiapan redistribusi tanah eks HGU PT. Pakisadji Banyumas seluas 76,52 hektar di Desa Punggelan. Redistribusi tanah ini merupakan hasil usulan dan dorongan para petani Hitambara bersama KPA dan serikat tani lainnya melalui Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) kepada pemerintah.  Seperti diketahui bahwa HGU PT Pakisadji Bayumas sudah habis pada tahun 2011, dan sudah digarap kembali oleh 276 KK.

Kepala Departemen Penguatan Organisasi KPA, Syamsudin yang turut hadir dalam kunjungan tersebut menyatakan bahwa lokasi ini merupakan salah satu dari 533 desa yang sudah diusulkan masyarakat kepada pemerintah melaui mekanisme LPRA, untuk dikembalikan tanahnya kepada masyarakat.

“Ini merupakan perjuangan yang panjang dari petani untuk mendapatkan hak atas tanah garapannya. Maka sudah sepantasnya pemerintah mengakomodir perjuangan petani.” tegas Syamsudin.

Selain sudah habisnya masa berlaku HGU perusahaan, Bupati Banjarnegara juga sudah menolak rekomendasi perpanjangan HGU-nya tanpa ada upaya perlawanan dari perusahaan. Sementara, eks HGU tersebut juga sudah dikuasai dan dimanfaatkan secara penuh para petani sehingga tidak ada alasan lagi bagi BPN untuk menunda-nunda tuntutan masyarakat untuk menjalan redistribusi tanah.

Merespon hal tersebut, Kakanwil BPN Jateng meminta agar masyarakat langsung memasang patok tanah yang akan diredistribusi Desembe nanti, tepatnya sebelum peringatan hari natal. Hal itu juga didukung oleh Dirjen Penanganan Masalah Agraria, Pemanfaatan Ruang, dan Tanah Kementerian ATR/BPN.

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934