Pandemi Covid-19, Momentum Indonesia Perkuat Kedaulatan Pangan

admin

Jakarta (kpa.or.id) - Pandemi Covid-19 harus menjadi momentum bagi Indonesia untuk memperkuat kedaulatan Indonesia di bidang pangan. Hal ini disampaikan oleh Sekjen KPA, Dewi Kartika, Senin, 27 April 2020.

‘Masa Covid-19 ini harus menjadi momentum refleksi bagi kita semua dan tentu kita berharap ke depan pemerintah semakin seirus mewujudkan kedaulatan pangan”, ujarnya Dewi.

Saat ini, menurut Dewi, Indonesia cenderung masih bergantung pada impor untuk mencukupi kebutuhan pangan nasional.

Di tengah pandemi ini, Dewi mengatakan sejumlah negara akan lebih memprioritaskan surplus pangan untuk kepentingan mereka ketimbang harus diekspor ke negara lain. Kondisi ini memberikan sinyal adanya ancaman krisis pangan,” tukasnya.

Di tengah ancaman pangan global ini,  ia mengatakan, setidaknya Indonesia relatif masih cukup kondusif meski tetap harus berupaya terus menjaga mengingat belum dapat dipastikan akhir dari Covid-19 ini.

"Kalau kita melihat narasi-narasi pemerintah, pemerintah cukup yakin dengan stok pangan yang katanya aman sampai dengan beberapa bulan ke depan, salah satu yang paling percaya diri adalah di sektor beras yang disebut aman," katanya.

Ia mengingatkan, untuk menjaga kebutuhan pangan tercukupi maka produksi pangan harus dua kali lipat dari kebutuhan. Saat ini, Indonesia diuntungkan dengan masuknya masa panen, terutama beras. 

Namun, ia mengharapkan, pemerintah dapat mempercepat langkah untuk jemput bola menampung hasil pertanian dalam rangka menjaga pangan nasional ke depan.

"Bulog termasuk yang mendapatkan aliran dana dari pemerintah untuk penanganan Covid-19  untuk mengamankan stok pangan, tetapi Bulog sampai sekarang belum melakukan jemput bola, misalnya mengambil langsung panen-panen dari tingkatan petani," katanya.

Dewi memaparkan, beberapa anggota KPA untuk sentra beras di Jawa Barat belum sepenuhnya terserap. "Untuk menyerap pangan untuk kebutuhan nasional seharusnya tidak mendiskriminasikan bentuk lembaga," ucapnya.

 

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934