Momentum May Day 2020, KPA Jambi Dukung Perjuangan Buruh, Tolak Omnibus Law dan Bangun Solidaritas Lumbung Agraria

admin

Jambi (kpa.or.id) - Bertepatan dengan peringatan May Day 2020, Kordinator KPA Wilayah Jambi, Frandodi menegaskan petani dan buruh bersama-sama menolak Omnibus Law yang dinilai telah mencederai konstitusi. Hal ini ditambah sikap Pemerintah dan DPR RI yang terus melanjutkan pembahasan di tengah wabah Covid-19 yang telah melahirkan berbagai krisis, seperti krisis ekonomi dan pangan.

DPR RI dan Pemerintah saat ini tengah membahas RUU Cipta Kerja dan berencana akan mengesahkan RUU tersebut dalam waktu dekat meskin telah menuai banyak protes dan penolakan dari berbagai kalangan.

Selain itu, saat ini KPA Jambi bersama bersama beberapa organisasi anggota, salah satunya Persatuan Petani Jambi (PPJ) tengah mempersiapkan lumbung pangan untuk mencegah krisis pangan, termasuk membangun solidaritas terhadap kaum buruh dengan mendistribusikan bantuan pangan ke Buruh Harian Lepas (BHL) yang banyak mengalami PHK.

“Saat ini petani anggota KPA sedang mempersiapkan lumbung pangani, untuk memastikan ketersediaan stok pangan organisasi selama pandemi ini, termasuk juga nanti kita akan mendistribusikan bantuan pangan kepada rekan-rekan BHL yang banyak mengalami PHK, jelasnya.

Dodi juga menghimbau kepada seluruh buruh dan petani di Jambi untuk bersama-sama memperjuangkan reforma agraria untuk mengurai ketimpangan struktur agraria di Jambi sebagai pondasi menuju kedaulatan pangan secara nasional.

“Petani dan buruh harus bersatu, supaya kedaulatan pangan bisa terwujud nyata secara nasional dan hingga krisis ini bisa diatasi” ungkapnya.

Di tempat lain, Pengurus Persatuan Petani Jambi (PPJ), Ahmad Muhajir menyampaikan bahwa, anggota PPJ yang tergabung di dalam Kelompok Tani Panglima Berambai, saat ini sedang  melakukan penanaman bahan pangan yang nanti akan di distribusikan kepada parah buruh yang mengalami PHK, dampak pandemi Covid 19.

“Setelah ini panen, kita akan distribusikan sebagian untuk para buruh harian lepas dan buruh lainnya yang terdampak PHK karena  Covid-19,” katanya.

Menurutnya, apa yang di lakukan ini merupakan cara supaya kita bisa bertahan dalam keadaan sulit seperti ini. Adapun beberapa jenis hasil tananaman pangan yang akan di distribusikan nanti ialah cabe, terong, kacang panjang, singkong dan beberapa jenis sayuran lainnya.

“Ini salah satu cara kita agar bisa bertahan, dengan saling membantu menyalurkan pasokan makanan,” tutupnya.

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934