Serikat Petani Majalengka Dukung Perjuangan Petani Sei Mencirim dan Simalingkar

admin

Jakarta (kpa.or.id) – Serikat Petani Majalengka (SPM) secara langsung datang ke Jakarta untuk memberikan solidaritas dan dukungan kepada Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB) yang tengah berjuang merebut kembali hak atas tanah mereka yang dirampas oleh PTPN II Tanjung Morawa di Deli Serdang, Sumatra Utara.

Petani SPSB dan STMB sudah berada di Jakarta sejak Jum’at, 8 Agustus 2020, setelah melakukan aksi jalan kaki selama 48 hari dari Deli Serdang menuju Jakarta. Mereka ingin menemui Presiden Jokowi untuk mengadukan konflik agraria antara petani dengan perusahaan perkebunan negara tersebut.

Kami dari SPM mengapresiasi kawan dari SPSB dan STMB yang telah melakukan aksi jalan kaki selama 48 hari,” seru Casiman dalam orasinya kala petani Simalingkar dan Sei. Mencirim menggelar aksi demontrasi di depan Kementerian ATR/BPN, Selasa, 11 Agustus 2020.

Saya apresiasi untuk semua ibu-ibu petani dan kawan-kawan yang telah menempuh perjalanan jauh dari kampung ke Jakarta. Mari kita tuntut Menteri ATR/BPN untuk turun langsung menemui kita,” seru Casiman menutup orasinya.

SPM merupakan salah satu serikat tani anggota KPA yang juga mengalami nasib yang sama dengan petani SPSB dan STMB, dimana tanah-tanah mereka diklaim secara sepihak Perhutani, perusahaan hutan negara. Hingga saat ini, konflik agraria tersebut tidak kunjung usai akibat keengganan pemerintah menyelesaikan tumpang-tindih yang terjadi.

Padahal, SPM bersama KPA dan beberapa serikat/organisasi anggota lainnya telah berulang kali menemui pemerintah dan mengusulkan data-data konflik anggota KPA, mulai dari Presiden hingga pemerintah di daerah. Namun hasilnya masih nihil sampai saat ini. Sementara di lapangan, Perhutani terus-menerus melakukan intimidasi kepada petani.

 

Berita Lainnya

Peristiwa

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934