Siaran Pers: Pernyataan Sikap Hari Tani Nasional 2017 Aliansi Mahasiswa Rakyat Reforma Agraria

Secara umum wilayah-wilayah garapan petani yang masih berkonflik baik dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan swasta masih tsangat banyak dan meluas. Sehingga tidak sedikit masih mengalami jalan buntu untuk penyelesaian konflik-konflik agraria struktural yang selalu menjadikan petani sebagai korban kerakusan kuasa modal, serta ekspansi wilayah yang brutal. Sebagaimana catatan Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) bahwa terjadi  450 konflik agraria sepanjang tahun 2016.
 
Sangat merata konflik-konflik agraria struktural yang terjadi di Indonesia, termasuk provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki eskalasi konflik agraria cukup besar. Mulai dari kasus petani Piondo-Bukit Jaya dengan PT. Kurnia Luwuk Sejati PT. Berkat Hutan Pusaka, kasus petani di Bohotokong dengan PT. Saritama Abadi Kabupaten Banggai, kasus petani Dongi-Dongi dengan Balai Taman Nasional Lore Lindu Kabupaten Poso-Sigi, kasus petani di Kamalu dan Lampasio dengan PT. Citra Mulya Perkasa di Kabupaten Toli-Toli, kasus petani Lee dengan PTPN XIVdi Kabupaten Morowali Utara, dan wilayah-wilayah lainnya yang mengalami kasus serupa dengan tidak adanya kejelasan tentang penyelesaian-penyelesaiannya.
 
Diperlukan pengorganisasian petani yang kuat, konsolidasi data tentang kepemilikan dan kepenguasaan tanah yang telah di garap secara aktif, konsolidasi organisasi petani dan organisasi masyarakat sipil untuk berjuang bersama dalam upaya-upaya strategis, serta adanya komitmen politik pemerintah daerah untuk pelaksanaan reforma agraria atas inisiatif rakyat. Sehingga terbentuknya perlawanan yang terorganisir dan sistemik termasuk melihat peluang-peluang hukum yang tersedia.
 
Maka dengan ini, kami ALIANSI MAHASISWA RAKYAT REFORMA AGRARIA menuntut :
 
“Selesaikan Konflik Agraria di Indonesia”
 
(1) Laksanakan Pasal 33 UUD 1945; (2) Dorong Moratorium izin perkebunan kelapa sawit di Sulawesi Tengah; (3) Segera membentuk badan penyelesaian konflik Reforma Agraria; (4) Mempercepat penyelesaian konflik tenurial antara Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) dan rakyat.
 
Palu, 27 September 2017
 
Hormat Kami,
 
ALIANSI MAHASISWA RAKYAT REFORMA AGRARIA
 
#Indonesia_Darurat_Agraria
 
#Hari_Tani_Nasional_2017

Siaran Pers Lainnya..

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934